Bagaimana Reaksi Bumi Bila Benar-benar Terjadi Perang Nuklir? Dunia Disebut Akan Kembali ke Zaman Es

Perang nuklir pun bisa saja terjadi kapan saja, bila kedua penguasa senjata nuklir ini benar-benar berperang secara terbuka.

Editor: Hendra Gunawan
Via Business Insider
Iustrasi ledakan nuklir. Jika perang nuklir antara Rusia dan AS terjadi, kemungkinan akan memicu 'Zaman Es Kecil' yang berlangsung selama ribuan tahun. 

TRIBUNNEWS.COM – Perang dingin antara Rusia dengan Amerika Serikat saat ini sedang panas-panasnya.

Perang nuklir pun bisa saja terjadi kapan saja, bila kedua penguasa senjata nuklir ini benar-benar berperang secara terbuka.

Lalu bagaimana keadaan bumi bila terjadi perang nuklir? Penelitian baru menunjukkan bahwa jika perang nuklir antara Rusia dan AS terjadi, kemungkinan akan memicu 'Zaman Es Kecil' yang berlangsung selama ribuan tahun.

Baca juga: Pengertian Zaman Praaksara dan Pembagiannya Berdasarkan Geologi

Badai api akan melepaskan jelaga dan asap ke atmosfer atas yang akan menghalangi Matahari dan mengakibatkan para petani gagal panen di seluruh dunia.

Pada bulan pertama setelah ledakan, suhu global rata-rata akan turun sekitar 13 derajat Fahrenheit.

Itu lebih dari selama Zaman Es terbaru, yang berlangsung lebih dari 100.000 tahun – mengurangi suhu global sekitar 10 derajat Fahrenheit dan membunuh mamut berbulu sebelum berakhir 11.700 tahun yang lalu.

Studi ini didasarkan pada beberapa simulasi komputer skala besar dan regional.

Penulis utama Dr Cheryl Harrison, dari Louisiana State University, mengatakan: "Tidak masalah siapa yang mengebom siapa.

“Bisa jadi India dan Pakistan atau NATO dan Rusia. Begitu asap dilepaskan ke atmosfer bagian atas, asap itu menyebar ke seluruh dunia dan mempengaruhi semua orang.'

Namun, invasi Rusia ke Ukraina telah membawa ancaman perang nuklir ke permukaan, dan studi ini adalah yang pertama memberikan gambaran yang jelas tentang dampak lingkungan jika Putin ingin menekan tombol nuklir.

Halaman
12
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved