Gempa di Sulteng

Kepala BMKG Diminta Mundur Anthon, Inilah 9 Fakta Tentang Dwikorita: Teman Akrab Menteri Susi

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati diminta mundur dari jabatannya karena dianggap lalai dalam deteksi bencana. Ini 9 fakta menariknya.

Kepala BMKG Diminta Mundur Anthon, Inilah 9 Fakta Tentang Dwikorita: Teman Akrab Menteri Susi
Ruth Vania Christine/Tribunnews.com
Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati, di Kantor BMKG, Jakarta Pusat, Senin (29/1/2018). 

TRIBUNNEWS.COM - Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati diminta mundur dari jabatannya.

Orang nomor satu di BMKG itu dianggap paling bertanggung jawab terhadap banyaknya korban gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah.

Ia dianggap, kelalaian yang dilakukan BMKG dalam mendeteksi bencana dianggap sebagai satu kesalahan.

Permintaan Dwikorita agar mundur dari BMKG ini dilontarkan anggota Komisi V DPR RI, Anthon Sihombing setelah rapat dengar pendapat (RDP) Komisi V DPR RI.

Baca: Kepala BMKG Diminta Mundur karena Dianggap Lalai dalam Deteksi Bencana

“Saya dengan tegas meminta agar Kepala BMKG lebih terhormat kalau mengundurkan diri," ujar legislator dapil Sumatera Utara III itu.

Selain itu, pernyataan yang diberikan kepada media juga sangat normatif, sehingga membuat informasi menjadi simpang siur.

Lantas, seperti apa sosok Dwikorita Karnawati?

Bagi civitas akademika UGM, sosok Dwikorita Karnawati tentu tak asing karena ia pernah menjabat sebagai rektor UGM masa bakti 2014 – 2017.

Setelah menjadi Rektor UGM, Dwikorita Karnawati yang merupakan pakar dan pengamat masalah kerentanan tanah akibat bahaya gempa bumi, dilantik menjadi Kepala BMKG, pada 3 November 2017.

Ia dilantik Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, menggantikan Plt Kepala BMKG, Dr Widada Sulistya, DEA.

Halaman
1234
Penulis: Sri Juliati
Editor: suut amdani
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved