Breaking News:

Aktivitas Merapi

Berstatus Waspada, Gunung Merapi Pastikan Aman Dikunjungi saat Libur Natal dan Tahun Baru 2019

Wilayah Yogyakarta dipastikan aman dikunjungi saat libur Natal dan tahun Baru 2019 karena aktivitas Gunung Merapi hanya berada di daerah kawah

Istimewa
Aktivitas di permukaan Gunung Merapi. Meski terjadi penurunan, saat ini status Merapi masih Waspada. 

TRIBUNNEWS.COM - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan, mempersilakan wisatwan berkunjung ke wilayah Yogyakarta saat libur Natal dan Tahun Baru 2019.

Ia menyatakan Yogyakarta aman dari aktivitas Gunung Merapi dengan guguran lava pijar di dalam area kawah.

Hal tersebut disampaikan Jonan saat berkunjung ke Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Kaliurang, Desa Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Sleman, DI Yogyakarta, kemarin Rabu (12/12/2018) malam.

Baca: Guguran Lava Gunung Merapi Terus Meluncur, BPPTKG Umumkan Status dan Imbauan Ini

Perihal kunjungan tersebut juga diunggah laman resmi Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) dan Twitter @BPPTKG.

Disebutkan, kunjungan Menteri ESDM dan jajaran adalah untuk meninjau Pos Pengamatan Gunungapi Merapi dan kesiapan Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam menghadapi libur Natal dan Tahun Baru 2019.

Kedatangan Menteri ESDM turut disambut oleh Sekretaris Badan Geologi, Antonius Ratdomopurbo yang memberikan sambutan selamat datang dan arahan supaya ASN terus meningkatkan kinerja.

Selanjutnya Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Kasbani menjelaskan aktivitas Gunung Merapi terkini dengan potensi lahar di musim hujan sangat kecil karena material di sungai-sungai yang berhulu di Gunung Merapi sudah habis.

Namun, masyarakat yang beraktivitas di sekitar sungai yang berhulu di Gunung Merapi dihimbau untuk tetap waspada.

Adapun, Jonan mempersilakan para wisatawan untuk berkunjung ke Yogyakarta selama liburan Natal dan Tahun Baru 2019.

Jonan menyebutkan bahwa Yogyakarta aman karena aktivitas erupsi Gunung Merapi saat ini masih berupa guguran lava pijar yang masih berada di dalam area kawah.

Halaman
12
Penulis: Facundo Chrysnha Pradipha
Editor: Daryono
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved