Breaking News:

Erupsi Gunung Anak Krakatau

Penampakan Terkini Gunung Anak Krakatau dari Udara, Tinggi Gunung Berubah dari 338 M jadi 110 M

Sutopo Purwo Nugroho membagikan penampakan Gunung Anak Krakatau dari udara, tinggi gunung yang sebelumnya 338 meter berubah jadi 110 meter.

Editor: Sri Juliati
Instagram @Sutopo_PN
Sutopo Purwo Nugroho bagikan penampakan Gunung Anak Krakatau dari udara, tinggi gunung yang sebelumnya 338 meter merubah menjadi 110 meter. 

TRIBUNNEWS.COM - Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho membagikan penampakan Gunung Anak Krakatau dari udara, tinggi gunung yang sebelumnya 338 meter merubah menjadi 110 meter.

Sutopo menyebutkan, perubahan morfologi Gunung Anak Krakatau terjadi begitu cepat.

Longsor bawah laut yang juga dikenal sebagai tsunami Selat Sunda (22/12/2018) menyebabkan kawah berasa di bawah permukaan laut.

Namun, pada Rabu (9/1/2019) bagian barat-barat daya yang sebelumnya berada di bawah permukaan laut, kini sudah naik ke atas permukaan laut.

Berikut video penampakan Gunung Anak Krakatau dari udara yang diambil melalui helikopter Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Minggu (13/1/2019).

Baca: Penjelasan PVMBG terkait Gempa Bumi di Perairan Selat Sunda, Gunung Anak Krakatau Tidak Terdampak

Sementara di bawah ini adalah foto perbandingan morfologi Gunung Anak Krakatau dari sebelum dan sesudah longsor yang diabadikan citra satelit TerraSAR-X.

Pasca longsor dan erupsi, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) terus memberikan informasi pantauan aktivitas terbaru Gunung Anak Krakatau.

Berdasarkan pantauan PVMBG per 10-11 Januari 2019 pukul 06.00 WIB, Gunung Anak Krakatau mengalami gempa tektonik lokal sebanyak 35 kali.

Baca: Video Kondisi Terbaru Gunung Anak Krakatau, Begini Penjelasan dari Sutopo dan PVMBG

Secara visual teramati asap putih setinggi 50 - 100 meter terdapat di atas kawah.

Selain gempa tektonik lokal yang terjadi sebanyak 35 kali, terjadi pula 4 kali gempa tektonik jauh dan satu kali gempa hembusan.

Halaman
1234
Sumber: TribunSolo.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved