'Battle of Surabaya' Film Animasi untuk Hari Kemerdekaan RI

Indonesia kembali mengeluarkan karya terbaru berupa film animasi buatan anak bangsa.

'Battle of Surabaya' Film Animasi untuk Hari Kemerdekaan RI
Tribunnews.com/Achmad Rafiq
Sutradara, produser, dan pelaku dibalik layar film animasi aBattle of Surabay , saat jumpa pers di XXI Epicentrum, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (18/8/2015). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Achmad Rafiq

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Indonesia kembali mengeluarkan karya terbaru berupa film animasi buatan anak bangsa. Film animasi yang bertajuk 'Battle of Surabaya' ini mengadaptasi sejarah pertempuran di Surabaya yang terjadi pada 10 November 1945.

Film animasi dua dimensi yang disutradarai Aryanto Yuniawan ini, merupakan hadiah untuk hari ulang tahun Indonesia yang ke-70 tahun.

"Film ini adalah hadiah ulang tahun Indonesia yang ke-70," ucap produser eksekutif, M Suyanto, saat jumpa pers di XXI Epicentrum, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (18/8/2015).

Film ini tidak sepenuhnya menceritakan tentang sejarah pertempuran. Beberapa tokoh fiktif juga dimasukkan di film ini, seperti Yumna yang suaranya diisi Maudy Ayunda, dan Danu diisi Reza Rahadian.

"Alasan kami pakai tokoh fiktif karena Film ini bukan dokumentasi juga bukan biopik. Kita gunakan tokoh fiktif untuk menjembatani generasi saya dan sekarang," jelas sutradara, Aryanto Yuniawan pada kesempatan yang sama.

"Mereka tidak akan merasa digurui tapi mengenal tokoh-tokoh pahlawan yang membuat mereka bertanya. Musa, Yumna dan Danu kita bikin untuk mengenal target market. Mengajak mereka mengetahui masa lalu," lanjutnya.

Aryanto menambahkan, film tersebut memang bertujuan untuk menarik penonton remaja. Tidak hanya menghibur, film animasi ini juga untuk merangsang minat remaja agar mau memahami sejarah.

Film animasi itu berfokus kepada tokoh Musa, remaja penyemir sepatu sekaligus kurir pengantar surat rahasia, untuk media komunikasi antara Sudirman dan Moestopo.

Musa bersama kedua temannya, Yumna dan Danu, juga mengalami petualangan menegangkan sampai kehilangan orang-orang yang disayangi.

Film yang akan tayang pada 20 Agustus mendatang ini juga menggaet sejumlah pengisi suara internasional untuk mengisi tokoh-tokoh asing, seperti Jason Williams, Tanaka Hidetoshi, Alejandro Esteban, Sana Hamada, dan Vanhoebrouck Patrick Bernad.

Tidak hanya itu, film produksi MSV Pictures ini juga rencananya dibuat dalam versi bahasa Inggris dan bekerja sama dengan Disney Asia Pacific.

Penulis: Achmad Rafiq
Editor: Sugiyarto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved