Ramadan 2016

Begini Cara Sederhana Mona Ratuliu Mengajari Anak Puasa Sambil Berbagi

Mona Ratuliu (34) bersama dengan suami, Indra Brasco memberikan semangat kepada anak keduanya.

Begini Cara Sederhana Mona Ratuliu Mengajari Anak Puasa Sambil Berbagi
Wartakotalive/Arie Puji Waluyo
Mona Ratuliu dan Indra Brasco bersama ketiga anak mereka. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Mona Ratuliu (34) bersama dengan suami, Indra Brasco memberikan semangat kepada anak keduanya, Barata Rahadian Nezar untuk berpuasa dengan memberikan hadiah.

Namun, Mona dan Indra mengaku, pemberian semangat berupa hadiah ini tidak untuk dinikmati anaknya, melainkan untuk diberikan kepada yang membutuhkan.

"Memberi tauladan yah. Kalau dikasih tahu kan belum menegerti," kata Indra kepada wartawan.

Mona menambahkan, pemberian hadiah ini tujuannya mengarahkan anaknya untuk mengumpulkan uang yang banyak.

"Tapi sih lebih mengarahkan untuk semangat kumpulin uang sih anak bukan untuk diri sendiri tapi buat orang lain. Anak-anak justru semangat puasa karena itu," ucap Mona dalam waktu yang bersamaan.

Hal itu ia katakan ketika ditemui dalam acara gala premiere film 'Mencari Dory' di Kemang Village di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Rabu (15/6/2016).

Tujuan dari Mona dan Indra mengajarkan memberi kepada orang yang membutuhkan, agar anak-anaknya terbiasa untuk berbagi kepada orang lain.

"Lebih ke global dan peduli terhadap orang lain. Lebih sensitif melihat sekitar yah kalau ada rejeki berlebihan anak jadi terbiasa membagi ke yang lain," ujar Mona.

Indra menuturkan kalau anaknya berhasil berpuasa satu hari penuh, maka ia dan Mona selaku orang tua memberikan hadiah berupa uang sebesar Rp. 50.000 per-hari.

"Anak belum ada yg bolong yah. Dia pada survive gitu. Denny jagoan yah kalau puasa satu hari full dapet uang dapet 50rb kasih ke anak-anak yatim piatu," jelas Indra.

Selain itu, dengan semangat melalui iming-iming hadiah, jika anaknya merasakan haus pada siang hari, anaknya pun tidak ingin membatalkan puasa walau usianya masih terbilang dini.

"Jadi dia (Barata) udah haus atau apa dia nyemangatin diri sendiri agar puasanya tidak batal. Tujuannya untuk kasih uang ke anak yatim," katanya.

"Ajarin berbagi sih lebih tepatnya. Yang kecil ikutan buka dan sahur. Kalau Davina udah dari 6 tahun full puasa," kata Indra Brasco.

Mona Ratuliu menikah dengan Indra Brasco sejak tahun 2002 lalu, yang menghasilkan tiga anak hasil dari pernikahannya yang sudah berjalan selama 14 tahun itu.

Ketiga anaknya tersebut bernama Davina Shava Felisa (13), Barata Rahadian Nezar (7), Syanala Kania Salsabila (4). (Wartakotalive.com/Arie Puji Waluyo)

Editor: Anita K Wardhani
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved