Breaking News:

'Surat dari Praha' Wakili Indonesia untuk Masuk Seleksi Nominasi Piala Oscar 2017

Komite Seleksi Film akhirnya memilih 'Surat dari Praha' untuk mewakili Indonesia pada Seleksi Nominasi Piala Oscar 2017.

Tribunnews.com/Achmad Rafiq
Perwakilan dari Persatuan Perusahaan Film Indonesia (PPFI) dan film Surat dari Praha saat jumpa pers Film Indonesia yang akan mewakili ke Piala Oscar 2017 pada kategori Film Berbahasa Asing Terbaik (Best Foreign Languange Film Awards), XXI Plaza Indonesia, Jakarta Pusat, Jumat (23/9/2016). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Achmad Rafiq

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ajang penghargaan film bergengsi di dunia, The 89th Academy Awards atau yang kerap dikenal Piala Oscar siap digelar pada Februari 2017.

Tidak hanya film-film Hollywood yang bersaing, film Indonesia pun juga akan siap mengikuti berbagai seleksi untuk jadi salah satu nominasi di Piala Oscar 2017 mendatang.

Persatuan Perusahaan Film Indonesia (PPFI) pun telah membentuk Komite Seleksi untuk memilih film Indonesia mana yang akan diikut sertakan dalam proses seleksi nominasi Piala Oscar 2017 pada kategori Film Berbahasa Asing Terbaik (Best Foreign Languange Film Awards).

"Jadi saya sangat senang dan bangga sehingga hari ini bisa kita umumkan yang terpilih," ujar perwakilan Komite Seleksi dari PPFI, Arnold J Limasnax saat jumpa persnya di XXI Plaza Indonesia, MH Thamrin, Jakarta Pusat, Jumat (23/9/2016).

"Setelah proses seleksi dari Komite Seleksi Film, yang akan Indonesia kirim adalah 'Surat Dari Praha'. Ini suatu kebanggaan dari kami," sambungnya.

Arnold menjelaskan, film-film yang diseleksi awal tersebut merupakan film Indonesia yang telah tayang sepanjang 2016 dan Komite Seleksi Film akhirnya memilih 'Surat dari Praha' untuk mewakili Indonesia pada Seleksi Nominasi Piala Oscar 2017.

Sejak tahun 1987 Indonesia telah mengirim film-film pada Perhargaan Akademi untuk Film Berbahasa Asing Terbaik (Best Foreign Language Film Awards).

Penghargaan tersebut diberikan setiap tahun oleh Academy of Motion Picture Arts and Sciences (AMPAS), Amerika Serikat kepada sebuah film bioskop (feature film) yang dibuat di luar Amerika Serikat dan dialog non-Inggris.

Setiap tahun, Akademi mengundang negara-negara untuk mewakili film terbaik mereka untuk kompetisi menurut aturan yang ditentukan dan hanya satu film yang dapat dikirim oleh tiap negara.

Penulis: Achmad Rafiq
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved