Soal Insiden Dewi Perssik-Nassar, Komisioner KPI Nilai Sanksi untuk D'Academy 4 Terbilang Ringan

Menurut Mayong Suryo Laksono, ada hal-hal yang membuat sanksi bagi D'Academy 4 menjadi lebih ringan.

Soal Insiden Dewi Perssik-Nassar, Komisioner KPI Nilai Sanksi untuk D'Academy 4 Terbilang Ringan
Instagram
Dewi Perssik dan Nassar. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Regina Kunthi Rosary

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat telah mengumumkan sanksi bagi program televisi Dangdut Academy 4 alias D'Academy 4.

Dikutip dari situs resmi KPI, sanksi tersebut berupa penghentian tayangan selama dua hari, yakni pada 27 dan 28 Februari 2017.

Terkait hal itu, menurut Komisioner KPI Bidang Pengawasan Isi Siaran Mayong Suryo Laksono, sanksi yang diberikan pada D'Academy 4 terbilang ringan.

"Sanksi pemberhentian itu hanya dua hari. Ada (program tv) yang sanksinya seminggu, ada juga yang sampai 35 hari pemberhentian sementara karena saat itu bertepatan dengan bulan puasa. Iya (termasuk ringan)," ujar Mayong Suryo Laksono ketika dihubungi melalui telepon, Selasa (21/2/2017).

Menurut Mayong Suryo Laksono, ada hal-hal yang membuat sanksi bagi D'Academy 4 menjadi lebih ringan.

"Karena pihak Indosiar sudah melakukan upaya-upaya untuk menghindari kejadian itu terjadi. Kami menghargai usaha yang sudah dilakukan tersebut," ucap Mayong Suryo Laksono.

"Misalnya, Ramzi yang sempat mencoba mengalihkan pembicaraan untuk menurunkan tensi. Lalu, mungkin karena tim produksi belum berhasil, jadi ada upaya menampilkan iklan. Cuma, mungkin karena tim produksi dalam keadaan bingung atau apa, jadi tidak sempat diperhatikan ada kebocoran sound. Lalu, pihak Indosiar juga sudah menjelaskan di media, saya lihat di infotainment," jelasnya lagi.

Meski sanksi sudah diumumkan, pihak Indosiar diberikan hak jawab terlebih dahulu sebelum sanksi tersebut benar-benar ditetapkan.

"Kami lebih melakukan teguran lalu menjatuhkan sanksi. Kami menunggu hak jawab dari Indosiar sampai tiga hari ini, apakah keberatan atau melaksanakan," pungkas Mayong Suryo Laksono.

Seperti yang telah diberitakan, D'Academy 4 yang tayang pada Selasa (14/2/2017) menampilkan adegan keributan antara penyanyi dangdut Dewi Perssik sebagai juri dengan Nassar Fahad Ahmad Sungkar sebagai komentator.

Bahkan, dari mulut Dewi Perssik keluar pula kata-kata makian yang tak pantas disiarkan di layar kaca.
 

Penulis: Regina Kunthi Rosary
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved