Sempat Mengidap Kanker, Ria Irawan Merasa Tak Perlu Berobat Keluar Negeri

Tidak sedikit publik figur yang mempercayai pengobatan dan tenaga medis asing untuk menyembuhkan berbagai penyakit.

TRIBUNNEWS.COM/WAHYU FIRMANSYAH
Ria Irawan dan Atrie Irawan berbagi pengalaman kepada pengidap kanker 

Laporan wartawan tribunnews.com, Wahyu Firmansyah

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Tidak sedikit publik figur yang mempercayai pengobatan dan tenaga medis asing untuk menyembuhkan berbagai penyakit.

Namun tidak untuk Ria Irawan, selama menderita penyakit kanker sejak tahun 2009 ia mempercayai pengobatannya di RS Cipto Mangunkusumo, Jakarta.

"Kalo ke keluar negeri buat ngecek doang, berobat efeknya juga nggak enak dan kalau pengobatan cuma ngecek doang nggak sembuh penyakit. Ngapain ngecek doang ke luar negeri," ujar Ria di Kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Jakarta Selatan, Sabtu (23/2/2019).

Tidak hanya itu, Ria juga menggunakan fasilitas kesehatan gratis yang disediakan oleh pemerintah.

Menurutnya dengan berobat di Indonesia, ia bisa lebih menghemat biaya untuk berbagai hal.

Baca: Beri Pesan Haru pada Ani Yudhoyono yang Idap Kanker, Rasyid Rajasa Terkenang Mendiang Istrinya

"Jadi kalau gua mikirnya kenapa gua berobat di Indonesia jadi uang pengobatan gua bisa dipake buat jajan makanan sehat untuk piknik," katanya.

Namun, bukan berarti ia melarang penderita penyakit kanker untuk berobat ke luar negeri, itu dikembalikan kepada setiap individu.

Hal itu senada dengan apa yang dipikirkan oleh Atrie Irawan kakak dari Ria, Atrie yang saat ini telah sembuh dari kanker payudara merasa pengobatan diluar negeri terlalu banyak memakan waktu dan biaya.

"Intinya kalau menurut aku. Kalau pengobatan diluar negeri tergantung individunya kalau saya orangnya panik. Kalau ada yang mendadak gua harus beli ini itu lagi belum pendamping. Ya jujur aja secara finansial aku bukan berlebih aku pede aja dengan pengobatan dijakarta. Menurut aku dimanapun itu tergantung individual," kata Atrie Irawan.

Penulis: wahyu firmansyah
Editor: Fajar Anjungroso
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved