Keuntungan Membiasakan Anak Makan Bersama Keluarga

Kebiasaan makan bersama itu disarankan oleh dokter gizi klinis, dr. Nurul Ratna Mutu Manikam dan bisa mulai diterapkan saat anak berusia satu tahun.

Keuntungan Membiasakan Anak Makan Bersama Keluarga
Instagram Harry Tjahaja Purnama
Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok membagikan momen makan bersama keluarga. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Apfia Tioconny Billy

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA — Mengenalkan kebiasaan makan bersama keluarga kepada si kecil dapat memberikan sejumlah manfaat bagi anak.

Kebiasaan makan bersama itu disarankan oleh dokter gizi klinis, dr. Nurul Ratna Mutu Manikam dan bisa mulai diterapkan saat anak berusia satu tahun.

Adapun hasil dari membiasakan anak makan bersama adalah anak jadi mengenal etika saat makan karena memperhatikan apa yang dilakukan orangtuanya.

“Belajar makan bersama keluarga itu penting agar anak tahu aturan makan, etika makan,” ungkap dr. Nurul saat ditemui di acara SGM Eksplor di Jakarta Pusat, Rabu (20/3/2019).

Baca: SGM Eksplor Bagi-bagi Puluhan Ribu Kotak Susu untuk Anak Usia Dini

Kemudian, dengan makan bersama juga akan meningkatkan komunikasi yang baik antara anak dan orangtua.

Maka makan bersama disarankan agar dilakukan setiap hari tidak hanya pada saat Sabtu Minggu saja.

“Komunikasi bapak ibu itu dibentuk dari meja makan salah satunya dengan ajak makan bersama, gak cuma Sabtu Minggu tapi hari biasa walaupun cuma bisa acak-acak makan enggak masalah tapi di sini bisa bangun komunikasi,” tutur dr. Nurul.

Keuntungan lainnya adalah dengan makan bersama, anak jadi lebih mengenal banyak variasi makanan dari menu makanan yang di makan orangtuanya.

Dengan mengenal banyak jenis makanan anak jadi tidak memilih makanan tertentu saja saat makan sehingga sumber nutrisi si anak juga menjadi lebih variasi.

“Umur satu tahun kenalkan anak dengan makan keluarga, biar enggak pilih-pilih makanan,” pungkas dr. Nurul.(*)

Penulis: Apfia Tioconny Billy
Editor: Willem Jonata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved