Breaking News:

Gibran Rakabuming Akui Banyaknya Brand Luar Jadi Tantangan Kembangkan Bisnis Minuman Tradisional

Gibran Rakabuming ekspansi besar-besaran untuk bisnis minuman tradisional yang dikemas kekinian dengan merek Goola.

Tribunnews.com/Apfia Tioconny Billy
Gibran Rakabuming di acara opening store ‘Goola’ di Plaza Indonesia, Jakarta Pusat, Jumat (5/7/2019). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Apfia Tioconny Billy

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA — Gibran Rakabuming ekspansi besar-besaran untuk bisnis minuman tradisional yang dikemas kekinian dengan merek Goola.

Pada awal Juli 2019, ada empat outlet di Jakarta yang dibuka. Targetnya pada 2020 ada 100 outlet di beberapa daerah.

Menceritakan perjalanan bisnis barunya itu, Gibran Rakabuming menuturkan awalnya produk ini sudah dijual pada Agustus 2018.

Namun, grand launching baru dilakukan pertengahan tahun 2019 ini.

Baca: Gibran Rakabuming Jualan Minuman Tradisional yang Dikemas Kekinian

Baca: Bisnis Bareng Kaesang Pangarep, Reza Arap Anggap Jodoh

Ada berbagai kendala yang harus dihadapi Gibran sebelum secara besar-besar memasarkan produknya ke publik diantaranya hadirnya hadirnya brand luar di Indonesia.

Baca: Dewi Perssik Rela Ajukan Permintaan Damai dengan Rosa Meldianti

Alhasil Gibran dan tim pun harus mempelajari market dan menyiapkan trik-trik khusus untuk menghadapi tantangan tersebut.

“Namanya keluarin brand baru kan enggak gampang ya. Tahun ini kan banyak banget brand luar yang masuk. Makanya kita sekarang udah yakin sama brand kita, baru kita push sekarang,” ujar Gibran saat ditemui di opening store ‘Goola’ di Plaza Indonesia, Jakarta Pusat, Jumat (5/7/2019).

Bukan hanya kompetitor, Gibran menyebut tantangan yang ia hadapi adalah gaya milenial yang lebih suka mengonsumsi produk dari luar negeri dibandingkan produk dalam negeri, terlebih Gibran menghadirkan produk minumn tradisional yang ditranformasi menjadi kekinian.

Baca: Bintang Sinetron Tukang Ojek Pengkolan Tinggal di Indekos, Istrinya yang Wartawan Enggak Protes

“Mindset anak sekarang kan begitu, maunya brand dari luar. Padahal brand-bran dalam negeri pun banyak banget yang bisa diunggulkan,” kata Gibran.

Maka dari itu Gibran pun membuka outlet-outlet ‘Goola’ di mal-mal yang berada di pusat Jakarta seperti di Plaza Indonesi dan Pacific Place agar lebih mudah ditemui calon customernya.

“Tiap brand memang strateginya lain-lain. Kalau gula ke mall, kalau ternak kopi kan ada yang stand alone, ada yang di mall, ada yang di minimarket. Tiap brand beda strategi sih,” papar Gibran.

‘Goola’ menyajikan 22 pilihan minuman tradisional seperti es doger, es cincau, es ketan hitam yang telah di modernisasi misalnya dengan tambahan topping versi lokal dengan sagu mutiara, brown sugar versi lokal dengan campuran susu kelapa dan gula aren.

Penulis: Apfia Tioconny Billy
Editor: Willem Jonata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved