Sukses Membludak, Gelaran Pertama Kali Apkasi Festival Film Diserbu Peserta

Salah satu side event Apkasi Otonomi 2019 yang cukup menyedot peminat adalah gelaran Apkasi Film Festival. Jumlah video yang masuk ke panitia

Sukses Membludak, Gelaran Pertama Kali Apkasi Festival Film Diserbu Peserta
TRIBUNNEWS.COM/TRIBUNNEWS.COM/FX ISMANTO
Para pemenang Apkasi Film Festival menerima Piala dan Piagam Penghargaan dalam gelaran Event Apkasi Otonomi 2019 yang diterima, Jumat (5/7/2019) di JCC. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Salah satu side event Apkasi Otonomi 2019 yang cukup menyedot peminat adalah gelaran Apkasi Film Festival. Jumlah video yang masuk ke panitia berjumlah 158 video.

Apkasi Film Festival itu sendiri merupakan kegiatan yang baru pertama kali diadakan. Tujuan kegiatan ini untuk membuka ruang kreativitas anak-anak muda di seluruh Kabupaten di Indonesia untuk menuangkan ide dan pemikirannya ke dalam bentuk audio visual, atau film-film pendek.

Film pendek yang ditampilkan banyak mengangkat soal isu budaya, pariwisata dan juga keunikan serta hal lainnya yang menarik yang ada di kabupaten setempat. Mardani H. Maming, Ketua Dewan Pembina Apkasi yang juga inisiator kegiatan Apkasi Film Festival, mengatakan bahwa ide dasar kegiatan ini adalah untuk mengajak para sineas muda berkompetisi dengan sehat menuju lahirnya industri film daerah, nasional dan juga international ke depannya.

“Saya yakin akan potensi kreativitas para anak-anak muda di daerah dan saya melihat geliat sineas-sineas muda ini perlu didorong dan diberikan panggung,” ujarnya. Ia berharap kegiatan ini bisa dimanfaatkan dengan baik oleh para sineas-sineas muda di daerah.

Sementara itu, Ketua Umum Apkasi, Abdullah Azwar Anas menambahkan, Apkasi Film Festival merupakan kegiatan yang sangat positif. Ia juga akan terus memberi semangat kepada anak-anak di seluruh Kabupaten di Indonesia sejak dini mempersiapkan diri dengan kreativitasnya dalam perfilman daerah dengan mengangkat wilayahnya masing-masing.

“Festival ini membuka ruang anak-anak remaja agar lebih membangun spirit kreativitasnya khususnya dalam hal perfilman. Setiap Kabupaten pasti punya keunggulan masing-masing. Baik pariwisatanya, budaya, kerajinan tangan, makanan, keunikan dan hal lainnya yang sangat baik untuk dijadikan sebuah cerita film. Ini harus kita laksanakan setiap tahunnya,” tandas Azwar Anas yang saat ini menjabat sebagai Bupati Banyuwangi, Jawa Timur. Dari jumlah video yang masuk setelah disaring terpilihlah 15 video.

Editor: FX Ismanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved