Tak Bisa Bahasa Belanda, Begini Perjuangan Iqbaal Ramadhan untuk Bumi Manusia

Iqbaal Ramadhan harus fasih berbahasa Belanda dalam dialog di film Bumi Manusia. Padahal, sebelum memerankan Minke , Iqbaal tak pernah belajar.

Tak Bisa Bahasa Belanda, Begini Perjuangan Iqbaal Ramadhan untuk Bumi Manusia
SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ
MERIAH - Pemain film, sutradara dan produser film Perburuan, dan Bumi Manusia foto bersama saat hadir pada gala premier (pemutaran pertama) film yang kisahnya diangkat dari dua novel berjudul sama tulisan sastrawan Pramoedya Ananta Toer, Perburuan dan Bumi Manusia di Surabaya Town Square (Sutos), Jumat (9/8). Gala premier dua film itu dihadiri seluruh artis pendukung, sutradara, produser dan artis pendukung film yang lain dari Falcon Pictrures. SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Nurul Hanna

TRIBUNNEWS.COM, SURABAYA - Iqbaal Ramadhan harus fasih berbahasa Belanda dalam dialog di film Bumi Manusia. Padahal, sebelum memerankan Minke , Iqbaal tak pernah belajar.

“Sama kayak Mama (Ine Febriyanti), nggak ada basic (bahasa Belanda) sama sekali,” kata Iqbaal dalam jumpa pers katanya dalam jumpa pers di Hotel Majapahit, Tunjungan, Surabaya, Jumat (9/8/2019).

Namun, berkat workshop dan latihan selama 3 bulan, Iqbaal bisa berdialog dengan menggunakan bahasa Belanda.

Dalam film Bumi Manusia, sutradara Hanung Bramantyo mendapuk salah seorang aktris asal Belanda untuk mengajarkan bahasa Belanda ke para pemain. Aktris tersebut juga ambil bagian dalam film.

Selama dua bulan, pengalaman Iqbaal melafalkan bahasa Belanda tak berjalan mulus.

Jumpa pers film Perburuan dan Bumi Manusia di Hotel Majapahit, Tunjungan, Surabaya, Jumat (9/8/2019).
Jumpa pers film Perburuan dan Bumi Manusia di Hotel Majapahit, Tunjungan, Surabaya, Jumat (9/8/2019). (Tribunnews/NurulHanna)

“Saat workshop ada belajar pengucaoan, pelafalan yang baik dan benar. Ngomongnya bahasa Belanda itu diulang-ulang terus, selama tiga bulan belajar dan selama dua bulan syuting. Sampai belibet-belibeg dan sempat retake juga,”

Namun Iqbaal bersyukur perjuangannya membuahkan hasil. Terlebih ada awak media yang memuji Bahasa Belanda-nya dalam jumpa pers tersebut.

MERIAH - Tiga pemain utama film Bumi Manusia, Iqbaal Ramadhan, Ine Febrianti dan Mawar De Jongh saat hadir pada gala premier (pemutaran pertama) film yang kisahnya diangkat dari dua novel berjudul sama tulisan sastrawan Pramoedya Ananta Toer, Perburuan dan Bumi Manusia di Surabaya Town Square (Sutos), Jumat (9/8). Gala premier dua film itu dihadiri seluruh artis pendukung, sutradara, produser dan artis pendukung film yang lain dari Falcon Pictrures. SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ
MERIAH - Tiga pemain utama film Bumi Manusia, Iqbaal Ramadhan, Ine Febrianti dan Mawar De Jongh saat hadir pada gala premier (pemutaran pertama) film yang kisahnya diangkat dari dua novel berjudul sama tulisan sastrawan Pramoedya Ananta Toer, Perburuan dan Bumi Manusia di Surabaya Town Square (Sutos), Jumat (9/8). Gala premier dua film itu dihadiri seluruh artis pendukung, sutradara, produser dan artis pendukung film yang lain dari Falcon Pictrures. SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ (SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ)

“Alhamdulillah kalau terlihat kayak jago,” tutur dia.

Film Bumi Manusia, akan dirilis pada 15 Agustus 2019 mendatang. Film tersebut akan dirilis bersamaan dengan Perburuan, yang sama-sama diangkat dari novel karya Pramoedya Ananta Toer.

Penulis: Nurul Hanna
Editor: Anita K Wardhani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved