Film Bumi Manusia Bantu Kenalkan Karya Sastra Pramoedya Ananta Toer ke Generasi Milenial

Sejak lama keturuanan Pramoedya lainnya mencoba memperkenalkan karya sastra dan sosok Pramoedya Ananta Toer ke sekolah-sekolah lewat buku.

Film Bumi Manusia Bantu Kenalkan Karya Sastra Pramoedya Ananta Toer ke Generasi Milenial
SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ
MERIAH - Pemain film, sutradara dan produser film Perburuan, dan Bumi Manusia foto bersama saat hadir pada gala premier (pemutaran pertama) film yang kisahnya diangkat dari dua novel berjudul sama tulisan sastrawan Pramoedya Ananta Toer, Perburuan dan Bumi Manusia di Surabaya Town Square (Sutos), Jumat (9/8). Gala premier dua film itu dihadiri seluruh artis pendukung, sutradara, produser dan artis pendukung film yang lain dari Falcon Pictrures. SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Bayu Indra Permana

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Astuti, putri Pramoedya Ananta Toer, mengaku merasa tertolong dengan adanya film Bumi Manusia.

Sejak lama ia bersama keturuanan Pramoedya lainnya mencoba memperkenalkan karya sastra dan sosok Pramoedya Ananta Toer ke sekolah-sekolah lewat buku.

"Aduh, ini bukan semang lagi sih. Ini perjuangan dari keluarga ya, dulu kita untuk memperkenalkan Pak Pram kembali, itu kita ke sekolah-sekolah, ke daerah-daerah," kata Ibu Astuti putri dari Pramoedya Ananta Toer di Daerah Istimewa Yogyakarta, Rabu (14/8/2019).

Baca: Mawar de Jongh Menangis Saat Sambangi Setting Lokasi Film Bumi Manusia

"Kita ke sana untuk kita bagikan buku, 'Ayo baca buku ini, nanti kita tanya jawab' gitu," ucapnya.

Astuti mengatakan saat mengunjungi sekolah-sekolah dalam rangka pengenalan karya Pramoedya, ia hanya bisa menyentuh sebagian kecil orang-orang

"Itu mungkin cakupannya satu kali jalan, 100 orang saya bagikan buku untuk memperkenalkan Pram," ujar Astuti.

"Tapi dengan film ini, jangkauannya luas banget. Bukan 100 orang lagi, tapi bisa jutaan. Itu perjuangan yang tidak sia-sia," tambahnya.

Penulis: bayu indra permana
Editor: Willem Jonata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved