Film Kucumbu Tubuh Indahku Karya Garin Nugroho Melenggang ke Oscar

Film Kucumbu Tubuh Indahku karya sutradara Garin Nugroho masuk Oscar ke-92 untuk kategori feature film.

Istimewa
Potongan adegan film Kucumbu Tubuh Indahku garapan sutradara Garin Nugroho yang diprotes warga. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Nurul Hanna

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Film Kucumbu Tubuh Indahku, garapan sutradara Garin Nugroho, terpilih untuk mewakili Indonesia di ajang Academy Awards 2019 atau Oscar ke-92 untuk kategori International Feature Film.

Film Kucumbu Tubuh Indahku terpilih dari 42 film yang diseleksi oleh Komite Oscar 2019 atau The Indonesian Academy Awards Selection Commitee (IOSC).

Film tersebut tayang di bioskop selama rentang waktu 1 Oktober 2018 hingga 30 September 2019.

Film Kucumbu Tubuh Indahku sebelumnya bersaing dengan Ave Maryam garapan Robby Ertanto dan 27 Steps of May, garapan Ravi Bharwani.

Baca: Lagi Heboh, Menteri Sri Mulyani Jadi Ikutan Nonton Film Gundala

Baca: Cikal Bakal Livi Zheng Berkarier sebagai Sutradara di Hollywood, Film Pertamanya Modal Dengkul

Baca: Tonton Film Bumi Manusia, Christine Hakim: Ini Harusnya Bisa 10 Juta Penonton

Kucumbu Tubuh Indahku’ Melenggang ke Oscar
Film Kucumbu Tubuh Indahku diumumkan melenggang ke Oscar dalam Konferensi pers di XXI Lounge Plasa Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (17/9/2019).

“Setelah dilakukan penilaian dengan seksama, berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan, Indonesian Academy Awards 2019 menetapkan film berjudul Kucumbu Tubuh Indahku sebagai film pilihan dan berhak mewakili Indonesia ke Academy Awards ke-92 untuk kategori International Feature Film,” kata Sheila Timothy, selaku Sekretaris Komite Seleksi Film Nasional dalam konferensi pers di XXI Lounge Plasa Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (17/9).

Film yang dibintangi Muhammad Khan dan Randy Pangalila itu, dianggap sebuah karya film yang lengkap.

“Film itu bukan hanya bahasa oral dan gambar saja, namun terdapat ada bahasa batin dan rasa,” kata tambah Christine selaku Ketua Komite Seleksi Film Nasional.

Lebih lanjut, dia mencontohkan bahwa adegan percintaan dalam film ini digambarkan tidak seperti biasa sebagaimana orang bercinta yang vulgar.

“Tapi justru dengan idiom-idiom dalam budaya kita itu ada penari Lengger. Sekaligus ini perkenalkan kayanya budaya kita. Jadi ini yang kita lihat lengkap di samping pesannya yang kuat bicara tentang kemunafikan. Artinya orang yang membuat hukum itu justru melakukan lebih buruk lagi. Dan menganggap dunia ini milik sekelompok kecil saja, dan orang yang dianggap tak bermoral tidak boleh ada,” tambahnya.

Komite Oscar 2020 atau The Indonesian Academy Awards Selection Commitee (IOSC) bertugas memilih film dari Indonesia yang akan diikutkan dalam ajang Academy Awards atau Oscar ke-92 untuk kategori International Feature Film.

Sebelumnya, ajang tersebut bernama The Oscars Foreign Languange Film.

Sebagai pelaksana, Persatuan Perusahaan Film Indonesia (PPFI) ditunjuk oleh panitia Academy Awards untuk Oscar ke-92 untuk kategori International Feature Film sejak 1987.

Film ‘Kucumbu Tubuh Indahku’ merupakan film yang dirilis 18 April 2019 lalu. Menceritakan tentang Juno, sebagai penari lengger dan kegelisahan terhadap jati dirinya. Film yang diproduseri Ifa Ifansyah ini, menyabet gelar juara Venice Independent Film Critic, Festival Des 3 Continents, dan Asia Pasific Screen.

Penulis: Nurul Hanna
Editor: Willem Jonata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved