Tokoh-tokoh Animator Internasional Siap Berbagi Ilmu di Bengkel Animasi CG festival 2019

Industri animasi dan computer graphics (CG) di Indonesia sedang mengalami perkembangan yang signifikan.

Tokoh-tokoh Animator Internasional Siap Berbagi Ilmu di Bengkel Animasi CG festival 2019
dok. BEAST
Tokoh-tokoh Animator Internasional Siap Berbagi Ilmu di Bengkel Animasi CG festival 2019 

TRIBUNNEWS.COM, TANGERANG - Industri animasi dan computer graphics (CG) di Indonesia sedang mengalami perkembangan yang signifikan. Bidang ini dapat berkembang lebih besar menjadi salah satu tulang punggung perekonomian nasional.

Saat ini terdapat banyak studio animasi atau game lokal di Indonesia yang memiliki kapasitas tenaga kerja berkisar antara 100-300 orang.

Beberapa studio ini sukses mengerjakan proyek sendiri, sedangkan studio-studio lainnya menyokong produksi film dari dalam dan luar negeri.

Kondisi yang produktif ini kurang sejalan dengan perkembangan jumlah tenaga kerja yang berkualitas. Studio-studio tersebut kebanyakan masih kesulitan dalam mencari sumber daya manusia (SDM) baru yang sesuai dengan standar kualitas perusahaan mereka.

Di sisi lain, sejumlah animator asal Indonesia telah berhasil merambah dunia animasi Hollywood. Salah satunya Mike Wiluan yang saat ini menjabat sebagai CEO dari Infinite Studio.

Mike Wiluan telah mengerjakan beberapa film animasi seperti Meraih Mimpi (2008) hingga film-film internasional seperti Hitman: Agent 47 (2015) dan Crazy Rich Asian.

Ronny Gani juga telah sukses menjadi bagian dalam tim visual effects untuk film-film Marvel Studio seperti The Avengers: End Game, Avengers: Infinity War, Ready Player One, dan Aquaman.

Tokoh-tokoh animator internasional asal tanah air tersebut,  akan menjadi pembicara di acara Bengkel Animasi CG festival (BEAST) 2019 yang akan berlangsung di ICE BSD City pada 16 November 2019 mendatang.

Melihat perkembangan industriini, pemerintah mulai berupaya untuk menciptakan program-program yang melahirkan animator kelas dunia.

Hal ini tentu didukung oleh Sinar Mas Land yang saat ini sedang menggarap kawasan Digital Hub.

Halaman
123
Editor: Toni Bramantoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved