Ernest Prakasa Dukung Pemerintah Blokir Situs Film Bajakan IndoXXI, Ini Alasannya

Ernest Prakasa beri komentar terkait pemblokiran situs situs penyedia layanan film dan musik ilegal IndoXXI. IndoXXI akan diblokir kominfo

Ernest Prakasa Dukung Pemerintah Blokir Situs Film Bajakan IndoXXI, Ini Alasannya
Tribunnews.com/Bayu Indra Permana
Ernest Prakasa saat ditemui di kawasan SCBD Jakarta Pusat, Selasa (10/9/2019). 

TRIBUNNEWS.COM - Ernest Prakasa beri komentar terkait pemblokiran situs situs penyedia layanan film dan musik ilegal IndoXXI. IndoXXI akan diblokir Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Ernest bersyukur karena pemerintah menangani situs web film gratis dan bajakan. Ernest berharap situs film ilegal lain juga diblokir oleh pemerintah.

"Bersyukur, semoga bukan hanya IndoXXI, tapi juga website-website bajakan lain," kata Ernest mengutip dari Kompas.com, Rabu (25/12/2019).

Sebagai sutradara film Imperfect, Ernest berharap ke depannya, pemerintah lebih serius untuk menangani pelanggaran Hak atas Kekayaan Intelektual (HAKI).

"Pembajakan adalah salah satu musuh besar industri kreatif," ucap Ernest.

Kompas.com, Ernest Prakarsa dukung pemerintah melakukan pemblokiran situs film bajakan
Kompas.com, Ernest Prakarsa dukung pemerintah melakukan pemblokiran situs film bajakan (Kompas.com)

Sebelumnya, Kominfo telah mencari data situs streaming film bajakan seperti IndoXXI (Lite) dan ribuan situs lainnya.

Menurut Direktur Jenderal Aptika Kominfo, Semuel Pangerapan menyampaikan pihaknya telah menghapus lebih dari 1.000 situs.

"Kami sudah menghapus lebih dari 1.000 laman yang terkait Piracy (pembajakan)," ujar Semuel.

Kominfo bekerjasama dengan Direktorat Hak Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, penegak hukum, dan Asosiasi industri kreatif untuk mengatasi peredaran karya ilegal seperti film dan musik.

Saat ini Kominfo sedang menerapkan pemblokiran situs streaming film ilegal. Pemerintah berupaya mengurangi situs streaming ilegal kedepannya.

Pengumuman penutupan layanan di situs penyedia layanan video streaming ilegal IndoXXI
Pengumuman penutupan layanan di situs penyedia layanan video streaming ilegal IndoXXI (IndoXXI)

Mulai 1 Januari 2020 mendatang, situs streaming ilegal Indoxxi akan ditutup layanannya. Di situs tersebut ada pop up pengumuman situs IndoXXI akan menghentikan penayangan.

"Sangat berat, tapi harus dilakukan, terima kasih kepada seluruh penonton setia kami, terhitung sejak 1 Januari 2020, kami akan menghentikan penayangan film di website ini," begitu isi pengumuman IndoXXI.

Berdasarkan survei dari YouGov untuk Coalition Against Piracy (CAP) atau koalisi melawan pembajakan, pemblokiran situs dilakukan sejak Juli 2019.

Dari hasil survei tersebut, sebanyak 63 persen yang diambil dari 1.045 sampel, penonton film Indonesia menyukai streaming film gratis di website film bajakan maupu torrent. Konsumen Indonesia, lebih menikmati film gratis daripada harus berlangganan. (*)
(Tribunjogja.com | Dwi Latifatul Fajri)

Artikel ini telah tayang di Tribunjogja.com dengan judul Merugikan Industri Kreatif, Ernest Prakasa Dukung Pemerintah Blokir Situs Film Bajakan, https://jogja.tribunnews.com/2019/12/25/merugikan-industri-kreatif-ernest-prakasa-dukung-pemerintah-blokir-situs-film-bajakan?page=2.


Editor: Sugiyarto
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved