Breaking News:

Virus Corona

Nadiem Berharap Wabah Corona Tidak Surutkan Ide Kreatif Para Sineas

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim mengajak para sineas dan pegiat film Indonesia untuk semakin kreatif dan inovatif di tengah wabah cor

Tribunnews.com/Reza Deni
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (20/2/2020) 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim mengajak para sineas dan pegiat film Indonesia untuk semakin kreatif dan inovatif di tengah wabah corona.

Nadiem berharap kondisi saat ini justru memacu para sineas untuk membuat terobosan dengan karya yang inovatif.

"Saya berharap kondisi darurat pandemi Covid-19 tidak membuat para pembuat film, pelaku industri film, serta pegiat komunitas film tanah air berkecil hati," ujar Nadiem melalui keterangan tertulis, Selasa (31/3/2020).

"Kita semua berharap kondisi ini tidak membuat kita patah semangat. Justru, sekarang saatnya kita ditantang berpikir kreatif, menggunakan inovasi teknologi untuk terus berkarya dan menebarkan manfaat kepada masyarakat," tambah Nadiem.

Nadiem menjelaskan, saat ini Kemendikbud sedang mengupayakan skema dukungan bagi para sineas terdampak.

Baca: Kegiatan Pemeran Sinetron Tukang Ojek Pengkolan Selama Syuting Dihentikan Sementara

Baca: Mendikbud Nadiem: Proses PPDB Tak Terganggu Meski UN 2020 Ditiadakan

Ilustrasi syuting di alam terbuka.
Ilustrasi syuting di alam terbuka. (Dok.Unyuzual Trip Film Festival)

Sebelumnya, Kemendikbud telah membentuk Direktorat Perfilman, Musik, dan Media Baru yang bertugas meningkatkan kapasitas produksi dan memperluas akses.

"Mohon kerja sama dari semua pihak untuk memastikan bahwa skema dukungan ini bisa efektif menjangkau mereka yang paling memerlukan," tutur Nadiem.

Data Kemendikbud menunjukkan, tidak kurang dari 244 film cerita panjang karya sineas tanah air telah diproduksi selama tahun 2019.

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Anita K Wardhani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved