Breaking News:

Virus Corona

Tohpati Gelar Konser Amal untuk Seniman Tradisi

Tohpati merasa prihatin melihat kondisi seniman-seniman tradisi yang tak bisa mencari nafkah selama pandemi.

TRIBUNNEWS/HERUDIN
Musisi Tohpati usai konferensi pers jelang konser 33 tahun Hedi Yunus berkiprah di dunia musik Indonesia, di Jakarta, Rabu (6/2/2019). Konser yang akan diadakan pada 15 Februari di Balai Sarbini tersebut juga menghadirkan sejumlah musisi senior seperti Melly Goeslow, Rita Effendy, Yovie Widianto & Kahitna, dan Tohpati. TRIBUNNEWS/HERUDIN 

Laporan Wartawan Wartakotalive.com, Muhammad Naufal

TRIBUNNEWS.COM - Musisi Tohpati Ario Hutomo baru-baru ini menggelar konser amal secara virtual.

Konser amal itu digelar untuk membantu seniman-seniman tradisi keluar dari kesulitan sebagai dampak pandemi virus corona (Covid-19).

Demikian kata Tohpati saat wawancara live Bentara Budaya Jakarta, Rabu, (27/5/2020).

Baca: 2 Bulan Absen Manggung, Raisa Lupa Lirik Lagunya

"Saya terakhir buat konser donasi itu bertajuk Jakarta City Philharmonic di mana saya berdonasi kepada Seniman-seniman tradisi yang terkena dampak dari wabah Korona," kata Tohpati.

Tohpati merasa prihatin melihat kondisi para seniman tradisi yang tak bisa mencari nafkah selama pandemi.

Penampilan Tohpati Ethnomission pada Synchronize Fest 2018 di Gambir Expo, Jakarta, Sabtu (6/10/2018). Tohpati Ethnomission menyajikan unsur musik rock dengan jazz dan juga nuansa tenik yang ada di nusantara. TRIBUNNEWS/HERUDIN
Penampilan Tohpati Ethnomission pada Synchronize Fest 2018 di Gambir Expo, Jakarta, Sabtu (6/10/2018). Tohpati Ethnomission menyajikan unsur musik rock dengan jazz dan juga nuansa tenik yang ada di nusantara. TRIBUNNEWS/HERUDIN (TRIBUNNEWS/HERUDIN)

"Saya mengerti bagi mereka yang biasa tampil di acara nikahan, tetapi dengan adanya wabah ini tidak bisa tampil, karena nikahan juga tidak boleh. Makanya saya mengerti beban mereka. Untuk itu saya sedikit membantu guna meringankan beban mereka," lanjut Tohpati.

Menurut Tohpati banyaknya musisi yang mengelar konser donasi adalah sebuah keharusan karena mereka seharusnya mengelar acara seperti itu.

Tidak hanya itu biasanya musisi juga akan senang apabila melakukan kegiatan yang berguna untuk meringankan beban satu sama lain.

"Menurut sepengetahuan kacamata saya, harusnya musisi paling aktif duluan untuk charity."

"Contohnya saat tsunami di Donggala dan Palu beberapa gitaris-gitaris mengagas acara dan hasilnya itupun lumayan banyak. Musisi pasti senang sekali untuk mengerjakan hal-hal itu," ujar Tohpati.

Editor: Willem Jonata
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved