Breaking News:

Korea Corner

Penghasilan Big Hit Entertainment Tahun 2020 Capai Rp 10 Triliun, Pandemi Tak Beri Pengaruh Apapun

Beberapa artis yang berada dalam naungan Big Hit Entertainment, di antaranya BTS, SEVENTEEN, TXT, ENHYPEN.

Koreaboo
YG Entertainment dalam hal ini YG PLUS dan Big Hit Entertainment dikabarkan telah resmi menjalin kerja sama strategis untuk mengembangkan kedua agensi. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fauzi Nur Alamsyah

TRIBUNNEWS.COM - Pandemi covid-19 memukul sebagian besar pelaku bisnis, termasuk hiburan. Tapi tidak demikian dengan agensi raksasa Korea Selatan.

Big Hit Entertainment misalnya. Pada 2020, agensi tersebut mencatat penghasilan sebesar 796,3 miliar won atau sekitar Rp 10 triliun.

Rincian penghasilan itu berasal dari keuntungan operasional 142,4 miliar won atau Rp 1,8 triliun dan keuntungan bersih sebesar 86,2 miliar won atau Rp 1,09 triliun.

Meskipun berdampak pada penjualan tiket konser karena pandemi Covid-19, Big Hit mengalihkan fokus pada penjualan merchandise resmi, konten, dan klub penggemar.

Baca juga: Jimin BTS Ada di di Puncak Idol K-Pop Terpopuler Pada Februari 2021

Merchandise resmi, konten, dan klub penggemar mengalami peningkatan masing-masing sebesar 53, 71, dan 66 persen dari 2019.

Platform komunitas penggemar seluruh dunia Big Hit, Weverse, juga mengalami perkembangan yang signifikan sepanjang tahun.

"Di tengah pandemi, kami mencatat angka kinerja tertinggi karena struktur bisnis kami yang kokoh," kata pihak Big Hit, dikutip Tribunnews.com dari Soompi, Rabu (24/2/2021).

Baca juga: Peringkat Reputasi Brand Girl Group Februari 2021, BLACKPINK Nomor 1

Tak hanya itu, Big Hit memiliki strategi untuk terus memperluas cakupan bisnis mereka.

"Termasuk integrasi kami dengan divisi bisnis Naver V Live melalui WEVERSE COMPANY yang baru-baru ini diumumkan dan kemitraan kami dengan Universal Music Group," kata agensi.

Dengan penghasilan tersebut, pendapatan agensi BTS itu meningkat 36 persen dari 2019. 

BTS
BTS (Facebook BTS Official)

Terlepas dari kondisi pandemi Covid-19, keuntungan operasional dan keuntungan bersih masing-masing meningkat 44 dan 19 persen.

Faktor terbesar yang mempengaruhi peningkatan pendapatan adalah penjualan album artis, ditambah dengan pertumbuhan bisnis yang meningkat.

Beberapa artis yang berada dalam naungan agensi tersebut, di antaranya BTS, SEVENTEEN, TXT, ENHYPEN, dan masih ada lagi.

Pendapatan tersebut semakin meningkat setelah Big Hit mengakuisisi Pledis Entertainment dan KOZ Entertainment pada tahun 2020.

Editor: Willem Jonata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved