Breaking News:

ASIRI Sebut Pembajakan Masih Jadi PR Besar Industri Musik, Jadi Tantangan di Era Digital

Asosiasi Industri Rekaman Indonesia (ASIRI) mengungkap pembajakan masih menjadi pekerjaan rumah yang harus segera dibenahi.

TRIBUNNEWS.COM/ALIVIO
Diskusi virtual yang diselenggarakan JOOX, Senin (7/6/2022) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Alivio

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Asosiasi Industri Rekaman Indonesia (ASIRI) mengungkap pembajakan masih menjadi pekerjaan rumah yang harus segera dibenahi.

Braniko Indhyar selaku general Manager ASIRI mengungkapkan hal ini saat diskusi virtual yang diselenggarakan platform streaming musik JOOX belum lama ini.

Braniko mengungkapkan bahwa pembajakan masih menjadi tantangan yang harus dihadapi khususnya pelaku di industri musik.

Baca juga: ASIRI Apresiasi JOOX Indonesia Music Awards 2021

Baca juga: Penyanyi Pop Rock Perempuan, Sinead OConnor Umumkan Pensiun dari Dunia Musik

"Bicara soal tantangan industri musik di era digital, saya kira, masih (soal) pembajakan, dulu (menikmati karya musik) secara fisik, tapi sekarang digital. Saat ini juga website yang convert video ke bentuk mp3 juga banyak banget," kata Braniko, Senin (7/6/2021).

"Misalnya sudah ada yang ditutup (take down), nanti mereka keluar lagi dengan nama dan domain yang lain. Ini masih PR (pekerjaan rumah) dan kita harus continue untuk membenahinya," tambahnya.

Menurut Braniko, hal ini disebabkan di era digital apapun bisa dilakukan, seperti saat ini maraknya laman web yang bisa digunakan untuk mengonversi format baik video maupun audio.

Ilustrasi Musik.
Ilustrasi Musik. (Pixabay.com)

Tidak hanya itu, ia juga mengatakan saat ini banyak aplikasi ilegal yang meyediakan musik bajakan.

Kendati demikian, Braniko menjelaskan pihaknya telah bekerja sama dengan berbagai pihak termasuk pemerintah guna memberantas pembajakan lagu.

"Kami koordinasi dengan Kementerian Kominfo dan Kemenkumham untuk menutup atau menurunkan (take down) web itu dari search engine," jelasnya.

Mengenai hal ini, Braniko juga memberi apresiasi khususnya musisi yang baru masuk di industri musik Indonesia untuk tetap semangat.

"Untuk musisi yang baru saja terjun ke industri musik Indonesia, teruslah berkarya dan jangan putus asa," katanya.

"Musisi itu harus aktif, konsisten dan totalitas dalam berkarya serta manfaatkan sosial media dengan baik untuk berinteraksi dengan pendengar Kalau musisinya bisa menjalin komunikasi yang baik dengan fans, pasti fansnya juga akan loyal," pungkasnya.

Penulis: Mohammad Alivio Mubarak Junior
Editor: Anita K Wardhani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved