Breaking News:

Once Mekel Sebut Pandemi Covid-19 Momen Musisi Muda Berlatih dan Berkarya di Rumah Saja

Penyanyi Elfonda Mekel atau Once Mekel berharap para musisi muda yang baru terjun di industri musik dapat memanfaatkan kondisi saat ini.

Tribunnews/Irwan Rismawan
Penyanyi Once Mekel saat wawancara khusus dengan Tribun Network di studio musiknya di kawasan Pondok Indah, Jakarta Selatan, Rabu (23/6/2021). Tribunnews/Irwan Rismawan 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fauzi Alamsyah

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Penyanyi Elfonda Mekel atau Once Mekel berharap para musisi muda yang baru terjun di industri musik dapat memanfaatkan kondisi saat ini.

Sebab, industri musik menjadi salah satu sektor yang terdampak karena adanya pandemi Covid-19, terhitung sejak pandemi masuk di Indonesia pada Maret 2020 silam.

Pria yang identik dengan rambut panjang itu memberikan kiatnya untuk para musisi muda dalam menghadapi pandemi Covid-19.

Di antaranya dengan dapat memanfaatkan waktu selama di rumah aja untuk terus berlatih dan menciptakan sebuah karya.

Baca juga: Once Mekel Bicara Nasib Musisi Indonesia Pada Masa Pandemi Covid-19: Sulit Diprediksi

"Dalam masa pandemi ini musisi-musisi muda yang masih baru mulai sebaiknya dalam periode ini (covid-19) memanfaatkan kemampuannya dia, misal waktunya dipakai untuk latihan sebanyak mungkin, berkreasi, untuk menghasilkan album yang bagus-bagus. Mungkin itu dulu aja," kata Once saat wawancara ekslusif bersama Tribunnews, Rabu (23/6/2021).

"Jadi sesudah pandemi ini kelar teman-teman musisi ini udah jadi lebih hebat," sambungnya.

Pelantun lagu Menaklukan Dunia itu tak menampik jika dirinya juga ikut terdampak akibat pandemi, banyak jadwal manggung yang gagal karena pandemi Covid-19.

Situasi yang sedang terpuruk ini menurutnya dapat melihat sejauh mana para musisi baru yang benar-benar mencintai musik atau hanya kesukaan belaka.

"Sebenarnya semua kita ini tiarap, dan periode covid ini bisa lihat nanti musisi mana yang memang berdedikasi di industri musik yang akan survive dan mana yang mudah menyerah," kata Once.

Diberitakan sebelumnya Once Mekel memaparkan terkait nasib para musisi Indonesia yang masih sulit untuk mendapatkan penghasilan karena pandemi covid-19.

Menurutnya, kondisi saat ini belum dapat memprediksi lebih jauh soal nasib para musisi Indonesia.

Namun Once bersyukur beberapa musisi masih bisa mendapatkan penghasilan dari pekerjaannya dari bermusik.

"Ya sulit diprediksi. Kita sebagai musisi bersyukur beberapa musisi masih bisa bekerja dapet penghasilan meski pandemi, tapi kita belum tau ke depan gimana," kata Once.

Meski demikian, Once pun tidak tinggal diam, pemilik nama asli Elfonda Mekel itu selalu melakukan diskusi mengenai hal itu untuk mempertanyakan bagaimana kedepannya nasib industri musik Indonesia.

Penulis: Fauzi Nur Alamsyah
Editor: Willem Jonata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved