MotoGP Mandalika

Iko Uwais Bangga Pawang Hujan Indonesia Go Internasional

Sebagai orang Betawi yang juga punya budayanya sendiri, Iko percaya bahwa pawang hujan yang kini sedang viral benar-benar terjadi.

Editor: Dewi Agustina
Instagram/ Kolase
Iko Uwais saat menghadiri gala premiere film Mile 22 di California, AS 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Mohammad Alivio

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Aktor laga Iko Uwais turut menanggapi fenomena pawang hujan di sirkuit Mandalika yang kini sedang viral.

Menurut Iko, pawang hujan merupakan budaya Indonesia yang sudah ada sejak dahulu.

"Negara Indonesia negara kita bro. Itu bisa dibilang siapa yang berani sama Indonesia, kampung gue sendiri, tanah air, darah gue di sini, lahir gue di sini, itu lah banyak ragam budaya," kata Iko Uwais di kawasan Senayan, Jakarta, Senin (21/3/2022).

"Gue nggak bilang itu mistis, nggak bilang magic, itu turun temurun pasti ada," lanjutnya.

Sebagai orang Betawi yang juga punya budayanya sendiri, Iko percaya bahwa pawang hujan yang kini sedang viral benar-benar terjadi.

Baca juga: Pro Kontra Ajang Formula E di Ancol Butuh Pawang Hujan Seperti MotoGP Mandalika

"Orangtua gue pun pasti pernah menjalani itu dan di depan mata kalau Betawi bilang kun fayakun terkabul, percaya nggak percaya ya harus percaya," tuturnya.

Bahkan, Iko pun bangga dengan aksi pawang hujan di sirkuit Mandalika tersebut.

Sebab, suami dari Audy Item ini beranggapan pawang hujan merupakan tradisi turun temurun di masyarakat Indonesia.

"Dibilang bangga ya ini kan budaya Indonesia. Jangankan Indonesia, negara manapun ada budayanya juga. Masing-masing budaya punya kelebihan dan punya ritual masing-masing," ungkap Iko.

"Dan ibu yang viral di medsos ini pun dia mempunyai ritual sendiri yang nggak pernah kita jalani dan lumayan awam di mata gue pribadi," ujarnya.

Sebelumnya, pawang hujan Sirkuit Mandalika, Rara Istiani Wulandari, dipuji media asing dan akun MotoGP atas aksinya melakukan ritual menangkal hujan.

Rara sebagai pawang hujan Mandalika turut menjadi sorotan utama di Pertamina Grand Prix of Indonesia--nama resmi MotoGP Mandalika--selain para pebalap yang bertanding.

Oleh media asing, pawang hujan MotoGP Mandalika tersebut dinilai berhasil dalam membantu meredakan hujan di Pertamina Mandalika International Street Circuit.

  • KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved