Nagaswara Luncurkan Nagadigit, Fitri Carlina Petik Manfaat, Karya Terkenal Income Pun Dapat

Berkembangnya teknologi untuk publikasi karya musik dilirik label mayor. Para musisi pun mendapatkan manfaatnya.

Penulis: FX Ismanto
istimewa
Nagaswara Luncurkan Nagadigit, Fitri Carlina Petik Manfaat, Karya Terkenal Income Pun Dapat 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Berkembangnya teknologi untuk publikasi karya musik dilirik label mayor. Para musisi pun mendapatkan manfaatnya.

Terobosan yang dilakukan label besar adalah dengan memfasilitasi para musisi mengenalkan karyanya melalui platform Youtube.

Label Nagaswar misalkan melakukan terobosan dengan meluncurkan Nagadigit untuk mendukung para musisi untuk mengenalkan karya melalui YouTube.

Baca juga: Gen Halilintar Belum Bayar Ganti Rugi Rp 300 Juta ke Nagaswara, Ini Alasannya

Nagaswara melakukan terobosan, agar bisnis industri musiknya bisa terus bertahan dan bisa bersaing dengan label rekaman lain.

Menyadari kalau tahun 2022 adalah tahun kolaborasi, dimana semua sektor bidang usaha tidak lagi bisa berjalan sendiri-sendiri atau menjadi pemain tunggal, karena semuanya itu saling terkait.

Nagadigit adalah jaringan multi channel yang berafiliasi dengan sejumlah channel YouTube.

Memberikan layanan pengembangan penonton, pemrograman konten, kolaborasi kreator hingga manajemen hak digital.

"Jadi Nagadigit upaya kami membantu para musisi untuk memperkenalkan karyanya lewat YouTube, dengan begitu para musisi tidak sekedar mempopulerkan lagunya tapi juga mendapatkn income" ujar Rahayu Kertawiguna CEO Nagaswara Music saat peluncuran Nagadigit di Hotel Yelo Manggarai, Jakarta Selatan Jumat (24/6/2022).

Baca juga: Fitri Carlina dan Teman-temannya Perkenalkan Indonesia, Dirikan Cafe Dangdut di New York

Rahayu menambahkan, musisi yang tergabung dalam Nagadigit bisa mendapatkan sejumlah keuntungan.

Salah satu yang menarik adalah dalam memproduksi sebuah lagu.

Sementara Bimas Nurcahya dari Pragita Wibawa Pustaka menjelaskan, Perlindungan dalam sistem Youtube/Google Inc. Itu ada dua aspek.

"Pertama, perlindungan Lagu dalam bentuk ciptaan aslinya (notasi/komposisi asli) dilindungi oleh publisher/penerbit musik melalui Content Management System (CMS) Publishing. Saat ini CMS Publishing Pragita Prabawa Pustaka adalah salah satu CMS terkuat di Indonesia, " ungkap Bimas Nurcahya.

Fitri Carlina saat jumpa pers virtual jelang aksinya di acara Ladies Heart Football Super Bowl Week Hybrid (virtual live) Kamis (28/1/2021).
Fitri Carlina saat jumpa pers virtual jelang aksinya di acara Ladies Heart Football Super Bowl Week Hybrid (virtual live) Kamis (28/1/2021). (Warta Kota/Arie Puji Waluyo)

Salah satu artis yang mendapatkan manfaat dari Nagagit adalah Fitri Carlina

Pedangdut ini menuturkan keuntungan yang didapatkannya dari Nagadigit.

Halaman
12
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved