Pengamat Berharap E-commerce Fasilitasi UMKM Lokal Go Global di Tengah Hambatan Ekspor

UMKM lokal di Indonesia memiliki potensi ekspor yang sangat menjanjikan. Akan tetapi, sayangnya potensi ini masih terhambat karena berbagai faktor.

Editor: Hendra Gunawan
Istimewa
Ilustrasi UMKM lokal yang tergabung dalam Program Ekspor Shopee. 

TRIBUNNEWS.COM - UMKM lokal di Indonesia memiliki potensi ekspor yang sangat menjanjikan. Akan tetapi, sayangnya potensi ini masih terhambat karena berbagai faktor.

Menteri Keuangan Republik Indonesia Sri Mulyani Indrawati saat menjadi pembicara dalam acara ‘500K Eksportir Baru Memacu Ekspor UKM’ April lalu, menyebutkan lima hambatan utama yang membuat ekspor produk UMKM lokal dirasa sulit oleh sejumlah pelaku usaha.

Hambatan tersebut antara lain, pengetahuan terkait legalitas, pembiayaan, pendampingan, produksi, hingga pemasaran.

Buktinya, hingga awal tahun 2022, UMKM lokal hanya mampu menyumbang 15 % dari total ekspor nasional.

Baca juga: Berawal dari Hobi Dekorasi, homedecoryogya Sukses Ciptakan Peluang dan Berdayakan Perajin Lokal

Mengutip Antara (2/6/2022), Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF), Nailul Huda, menyatakan bahwa faktor-faktor tersebut memengaruhi kondisi persaingan antara produk UMKM lokal dengan produk global.

"Memang tantangan terbesar ada disisi skala produksi dan harga. Banyak pesanan, tapi dari sisi produksinya tidak dapat memenuhi dan relatif lebih mahal jadinya," tulis Nailul.

Minim pendampingan UMKM untuk ekspor

Tidak hanya itu, minimnya upaya pendampingan untuk mendukung ekspor UMKM juga menjadi tantangan bagi pemerintah. Diperlukan kolaborasi berbagai pihak untuk meningkatkan ekspor UMKM dan membangun ekosistem yang kondusif yang mampu mendorong kemampuan UMKM menjadi go global.

Nailul menyatakan, platform digital seperti e-commerce bisa menjadi katalisator yang cukup baik bagi kinerja ekspor usaha mikro kecil menengah (UMKM) Indonesia sekaligus menjawab berbagai tantangan yang dihadapi UMKM.

Baca juga: Kini Hadir di Makassar, Kampus UMKM Shopee Siap Bikin UMKM Lokal Naik Kelas!

Adanya kemajuan digitalisasi UMKM selama pandemi COVID-19 dapat menjadi solusi bagi UMKM untuk menembus perdagangan antar negara.

Halaman
123
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved