Tips Aman Berbelanja di Marketplace, Pilih Toko yang Berlogo Official

Tips lainnya menurut Angelina, yakni pilihlah toko yang berlogo official karena barang-barang yang ada di sana pasti terpercaya.

Penulis: Choirul Arifin
Editor: Hendra Gunawan
bsframework.io
Ilustrasi belanja online 

Laporan Wartawan Tribunnews, Choirul Arifin

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Angelina, salah satu key opinion leader Tanah Air mengingatkan agar berhati-hati setiap akan berbelanja di platform digital semisal di marketplace, agar tidak kecewa dengan kualitas barang yang dibelinya.

Angelina membagikan beberapa tips aman dalam bertransaksi digital.

“Dalam bertransaksi digital hal pertama yang harus kita lihat adalah belanja di aplikasi mana kita akan berbelanja, lalu lihatlah keaktifan dan cek testimoni toko yang akan kita tuju agar kita tidak terhindar dari penipuan.Bila sudah puas barulah kita melakukan transaksi," ujarnya saat menjadi pembicara di acara webinar Makin Cakap Digital yang diiikuti para guru pengajar dan murid kelas 5 SD sampai SMA di Provinsi Jawa Timur, Senin (20/6/ 2022).

Baca juga: Blibli Tawarkan Opsi Hemat Belanja di Akhir Bulan

Tips lainnya menurut Angelina, yakni pilihlah toko yang berlogo official karena barang-barang yang ada di sana pasti terpercaya.

"Janganlah kita bertransaksi di luar market place tersebut karena bila kita bertransaksi pada aplikasi takutnya malah kita terkena scammer,” ujarnya mengingatkan.

Pembicara lainnya, E. Rizky Wulandari, yang membawakan materi “Dampak Positif Bermedia Sosial” menjelaskan, pandemi membuat masyarakat lebih sering menggunakan internet dan hal itu telah mengubah cara kita dalam menjalani banyak aktivitas seperti sekolah, kuliah dan bekerja yang sebagian menjadi dikerjakan dari rumah.

Menurut dia, salah satu manfaat positif menggunakan media sosial adalah bisa berinteraksi dengan siapa saja di dunia belahan dunia manapun.

Tapi tidak dipungkiri dalam ruang digital juga akan ada hal-hal yang negatif.

"Majunya teknologi juga memudahkan kita untuk mengakses segala sesuatu di internet, karena itu kita harus ingat bahwa tidak semua yang hal yang sifatnya pribadi kita kirim ke sosial media, hal ini dapat membahayakan diri kita sendiri, cek kembali apakah hal tersebut harus dikirim atau tidak," kata dia.

Halaman
12
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved