MotoGP

Bising, Sirkuit Motocross Valentino Rossi Diprotes Tetangga

Keberadaan sirkuit motocross milik Valentino Rossi, Biscia, di Italia, diprotes keras oleh tetangga di sekitar.

Bising, Sirkuit Motocross Valentino Rossi Diprotes Tetangga
net
GEBER MOTOCROSS- Valentino Rossi saat berlatih motocross di sirkuit motocross milik pribadinya.

TRIBUNNEWS.COM – Keberadaan sirkuit motocross milik Valentino Rossi, Biscia, di Italia, diprotes keras oleh tetangga di sekitar. Lantaran sering terganggu dengan suara bising dari sepeda motor, tetangga sekitar sirkuit mengajukan tuntutan ke pengadilan. Mereka keberatan dengan pembangunan sirkuit pribadi yang diberi nama Biscia tersebut.

Beberapa waktu lalu, Rossi sempat membuka area ladang untuk disulap jadi sirkuit motocross. Di tempat padang luas itu dia sering bersenang-senang bermotocross bersama dengan teman-temannya di tempat yang sudah seperti jadi taman bermain baginya. Di ladang itu juga rencananya dibangun rumah dan sebuah museum ditambah bar yang akan dibukan untuk publik pada saat ada acara khusus di tempat tersebut.

Namun ternyata para tetangga sekitar area sirkuit tidak sedang dengan rencana itu. Mereka selalu terganggu terutama saat ada lusinan para biker yang mencoba trek sirkuit tersebut dengan mengeluarkan suara bising.

Sebanyak enam keluarga yang rumahnya dekat dengan sirkuit milik Rossi tersebut sangat terganggu. Mereka kemudian mengambil upaya jalur hukum untuk menggugat Rossi. Trek sendiri sebelumnya dimiliki oleh ayah Rossi, Graziano di bawah nama perusahaan bernama Test Track.

Pengadilan lokal setempat sempat digelar di November lalu. Setelah sempat menghentikan pembangunan konstruksi, trek sirkuit kemudian bisa beroperasi lagi karena mengantongi izin dari pemerintah daerah Tavuilla di tingkat provinsi dan daerah lebih sempit. Namun kemudian izin dibekukan lagi lantaran ada polusi suara yang terlalu bising, sehingga sirkuit masih belum selesai dibangun.

Kebisingan sempat dites saat Rossi dan Graziano Rossi bersama dengan sekitar 10 teman-temannya mengendarai motor selama empat jam. Dinyatakan hasil tes itu suara tak terlalu mengganggu.

Namun kemudian para tetangga tak puas dengan hasil tes kebisingan yang dibuat itu. Karena menurut mereka di beberapa arena suara terdengar lebih keras dan di tempat lain lebih pelan. Setidaknya, tetangga trek sirkuit Rossi minta agar ada peredam suara agar tidak terlalu keras terdengar di rumah mereka masing-masing.

Trek MX yang ada di Tavulilla milik Rossi itu memiliki panjang trek berjarak 1.800 meter. Motocross adalah salah satu hobi Rossi dan rider lain di saat jeda balap MotoGP. Trek ini diberi nama Biscia yang berarti ular dalam bahasa Italia. Bentuk trek sirkuit motocrossnya memang dibuat meliuk-liuk seperti ular.(Tribunnews/mba)

Berita Terkait: MotoGP
Ikuti kami di

BERITA REKOMENDASI

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved