MotoGP

Valentino Rossi Puji Perubahan Ban Michelin

Para pebalap MotoGP termasuk Rossi sebelumnya menjalani uji coba ban Michelin di Valencia pada akhir 2015 lalu.

gettyimages.ie
Valentino Rossi 

TRIBUNNEWS.COM - Pebalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi memberikan pujian pada ban Michelin yang menurutnya mengalami kemajuan saat uji coba pramusim yang digelar di sirkuit Sepang pada 1-3 Februari.

Pebalap berjuluk The Doctor itu mengaku bisa memacu motor balapnya hingga mendekati batas maksimum sejak hari pertama uji coba pramusim. Ada perubahan ban yang digunakan oleh Michelin sehingga berbeda dengan saat uji coba sebelumnya.

Rossi menempati peringkat Kedua pada uji coba hari pertama. Dia hanya kalah cepat dari rekan setim, Jorge Lorenzo dengan selisih satu detik.

Para pebalap MotoGP termasuk Rossi sebelumnya menjalani uji coba ban Michelin di Valencia pada akhir 2015 lalu. Terasa ada perbedaan saat di Sepang awal pekan ini. Karakter ban terasa berbeda.

"Ban Michelin telah banyak mengalami kemajuan. Ban belakang tidak lagi terlalu buruk, tapi mereka telah memperbaiki permasalahan pada ban depan, rasanya tidak terlalu buruk," kata Rossi dilansir Motorsport.com.

"Kita bisa memacu motor lebih mendekati batas, sedikit lebih kuat. Masih panjang, kita masih harus terus memperbaiki. Tapi kami sudah mulai mengembangkan pemahaman tentang ban Michelin dengan sepeda motor," kata Rossi.

Dia menjelaskan, memang ada perbedaan setingan motor untuk ban Bridgestone yang dipakai tahun lalu dengan setingan motor untuk ban Michelin yang dipakai sekarang. Sehingga kondisi motor kini sudah semakin sesuai dengan ban Michelin.

"Jika pakai setingan motor tahun lalu, rasanya tidak mungkin. Sekarang kita memulai memahami apa yang diperlukan untuk ban Michelin agar performa bisa maksimum," katanya.

Rossi juga mengatakan tentang mesin motor 2015/2016 YZR-M1. Dia akan menghabiskan dua hari untuk membiasakan diri.

"Salah satu sepeda motor adalah model 2015, saya melakukan beberapa lap hanya untuk mendapatkan "feeling" dan kemudian kita memiliki dua sepeda lainnya yang sudah dimodifikasi," jelas pebalap Italia.

"Hari ini saya berkonsentrasi pada satu motor yang mirip dengan motor 2015, karena kami harus bekerja utamanya pada sistem kelistrikan," katanya.

"Saya mencoba motor yang satunya sekali, dan perasaannya tidak begitu buruk, tapi saat ini saya tidak tahu apakah itu baik atau lebih buruk untuk uji coba besok. Dan hari ketiga itu akan menjadi penting untuk memahami hal ini," kata Rossi.

Penulis: Muhammad Barir
Editor: Husein Sanusi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved