Breaking News:

Perbasi Cup 2016 Seleksi Awal Pembentukan Timnas SEA Games 2017

Setelah Perbasi Cup selesai diadakan, pebasket yang terpilih masuk skuad timnas akan mulai menjalani pusat pelatihan pertama di Batam, Kepulauan Riau

channelbasket
Perbasi Cup 2016 

TRIBUNNEWS.COM - Pengurus Pusat Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PP Perbasi) akan menjadikan even kejuaraan Perbasi Cup 2016 sebagai seleksi awal tim nasional SEA Games 2017 di Kuala Lumpur, Malaysia.

Rencananya, setelah Perbasi Cup selesai diadakan, pebasket yang terpilih masuk skuad timnas akan mulai menjalani pusat pelatihan pertama di Batam, Kepulauan Riau.

Perbasi Cup diadakan untuk mencari bibit pebasket di timnas. Menurut Ketua Umum PP Perbasi, Danny Kosasih, persiapan untuk mendapatkan sejumlah pebasket harus segera dilaksanakan sebelum liga bola basket nasional berjalan. Selain itu, ia melihat di Perbasi Cup hadir banyak pemain junior dan senior.

"Nanti seleksinya ada proses tertentu. Ada tim teknis dari pihak Perbasi yang bakal menyeleksi dan evaluasi seluruh pebasket yang ikut di Perbasi Cup. Tim-tim lewat pelatih atau manajer juga diminta untuk menyeleksi seluruh skuadnya yang layak untuk masuk ke timnas," kata Danny.

Hal senada juga diungkapkan oleh Ketua Pelaksana Perbasi Cup 2016, Fareza Tamrella.

Menurutnya, sudah lebih dari cukup pebasket yang bisa masuk ke timnas. Selama liga sebelumnya berjalan, ia melihat sudah ada bibit pebasket yang mumpuni dan layak.

"Ada dua tujuan dari penyelenggaraan Perbasi Cup 2016. Pertama untuk memperingati ulang tahun ke-65 PP Perbasi yang jatuh pada 23 Oktober, kedua sebagai seleksi awal untuk timnas SEA Games 2017. Sudah ada yang terlihat baik dan tinggal diseleksi lagi. Kalau sesuai langsung masuk timnas," kata Tamrella.

Seperti diberitakan Super Ball sebelumnya, ajang Perbasi Cup 2016 adalah kompetisi yang akan diikuti 10 tim peserta liga bola basket nasional (Indonesian Basketball League/IBL).

Perbasi Cup 2016 akan menggunakan sistem pertandingan setengah kompetisi pada babak penyisihan grup dan sistem gugur pada babak semifinal serta final.

Sebanyak 10 tim peserta akan dibagi menjadi dua grup. Grup A berisi CLS Knights Surabaya, Satria Muda, Stadium Jakarta, Bandung Utama, dan NSH Jakarta. Pada Grup B, Pelita Jaya Jakarta, Aspac Jakarta, Pacific Caesar Surabaya, Satya Wacana Salatiga, dan Hangtuah Sumsel.

Adapun lokasi pertandingan yang digunakan adalah GOR Soemantri Brodjonegoro untuk babak penyisihan dan Britama Arena untuk babak semifinal serta final.

Berita Ini Juga Dimuat di KORAN SUPER BALL, Jumat (21/10/2016)

Editor: Dewi Pratiwi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved