Pelatih Serbia Bakal Tangani Timnas Polo Air Indonesia

Dalam menghadapi Sea Games 2017 dan Kejuaraan Dunia, Timnas Polo Air, putra dan putri akan ditangani pelatih asing asal Serbia.

Pelatih Serbia Bakal Tangani Timnas Polo Air Indonesia
ist

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Dalam menghadapi Sea Games 2017 dan Kejuaraan Dunia, Timnas Polo Air, putra dan putri akan ditangani pelatih asing asal Serbia.

Ini langkah kongkret dari kepengurusan PB PRSI baru di bawah Anindya Novian Bakrie, yang bertekad mengembalikan marwah Indonesia sebagai raja polo air di Asia Tenggara.

"Di awal Januari mendatang, kita akan melakukan seleksi. Semua pemain potensial, dari seluruh penjuru tanah air dipanggil, kemudian dipilih untuk masuk squad timnas," ungkap, Ketua Binpres PB PRSI, Wisnu Wardana sambil menegaskan bahwa pemilihan atlet akan dipimpin pelatih Serbia tersebut.

Namun demikian, Wisnu belum bisa menyebut siapa nama pelatih dari Serbia itu.

"Hasil pembicaraan kami dengan pelatih asal Serbia sudah 95 persen, kami tidak mau menyebutkan namanya, sebelum kesepakatan mencapai 100 pesen," tutur Wisnu.

Timnas Polo Air memang segera dibentuk, lantaran SATLAK PRIMA meminta pemusatan latihan harus berjalan mulai Februari. Selain Sea Games 2017, timnas juga akan turun di kejuaraan dunia, 'FINA World Development' pada bulan Mei.

Selain timnas itu, Timnas Polo Air juga akan mengadakan beberapa kali try out ke luar negeri, salah satu yang sudah pasti ke Serbia.

"Program latih tanding keluar negeri adalah program wajib, untuk mengasah teknik maupun mental pemain dalam sebuah pertandingan internasional. Semakin banyak bertanding dengan tim kuat, tentu akan berfaedah bagi pemain timnas," jelas Wisnu.

Para pemain menyambut antusias kehadiran pelatih asal Serbia.

"Sudah lama kami ingin dilatih oleh pelatih berkualitas, saya yakin kekuatan timnas akan meningkat," kata atlet putra polo air, Rezza Auditya Putra. Hal senada juga diungkapkan, atlet putri, Febby Familya Putri.

Binpres pPlo Air PB PRSI, Reva Deddy Utama mengharapkan dengan pelatih Serbia, Indonesia bisa memperbaiki peringkat di Sea Games, baik tim putra maupun putri.

Di Sea Games lalu, tim putra meraih perak, sedangkan putri meraih perunggu. Selain membentuk timnas senior, Komtek polo air juga akan membentuk timnas yunior.

Para pemainnya akan disaring, dari kejuaraan antar klub. Tahun 2017, sekurangnya akan digelar tiga kejuaraan polo air antar klub.

"Dengan kompetisi yang teratur, diharapkan klub klub bergairah, dan para pemain pun terpacu untuk meningkatkan kualitasnnya," papar Reva Deddy Utama sambil menambahkan, kejuaraan antar klub tersebut, diperuntukan untuk kategori senior, usia 18, 15, dan 13 tahun.

Editor: Toni Bramantoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved