Breaking News:

Pekan Olah Raga Turut Ramaikan Pesta Bolon Simbolon 2017

‎Sementara untuk event lomba lari 10 kilometer, Effendi menuturkan bahwa pihaknya juga sudah bekerjasama dengan PB PASI

Tribun Medan/Jefri Susetio
Masyarakat Adat Batak dan Rapat Kerja Nasional Punguan Simbolon, Dohot Boruna Indonesia (PSBI), di Pantai Bebas, Parapat, Simalungun, Sumut, Sabtu (30/7/2016). 


TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Dalam rangka memperingati syukuran hari jadi yang ke-10 keluarga besar Simbolon, ‎Punguan Simbolon dohot Boruna Indonesia (PSBI) akan menggelar Pesta Bolon Simbolon 2017 yakni Pekan Olahraga, seni budaya dan adat istiadat Batak di Kuningan, Jakarta‎. Acara tersebut akan digelar pada 3-9 Juli 2017.‎

Pada tahun ini Pesta Bolon Simbolon‎ akan menggelar Pekan Olahraga dengan fokus tiga cabor yang akan dipertandingkan. Ketiga cabor adalah turnamen Sepakbola, pertandingan catur dan lomba lari Simbolon 10 kilometer.

Ketua Umum PSBI, Effendi Simbolon keterangan tertulisnya, Sabtu (25/3/2017) mengatakan, dalam penyelenggaraan PSBI Cup ini akan diikuti oleh 24 tim dari anak rantau Batak Jabodetabek. ‎Mereka yang ikut adalah mahasiswa yang sedang melakukan studi di Jabodetabek.

‎"Babak penyisihan akan dimulai pada 1 April 2017. Tempatnya di GOR Ciracas dan Kelapa Gading," katanya‎

Dirinya menjelaskan, dalam kejuaraan catur Simbolon Cup akan melaksanakan dua jenis pertandingan yakni pertandingan catur rating international (Minimum Elo Rating 2100) Systeem Swiss 9 babak yang akan diikuti 250 peserta.

Pertandingan kedua adalah catur rating nasional dan non rating keluarga besar Batak yang akan diikuti oleh 500 peserta. Menurutnya, kegiatan tersebut di supervisi oleh Percasi.

"Nanti juga ada pertandingan ‎grand master lawan artis. Grand master akan membelakangi papan catur, nanti akan seru itu," tutur pria bergelar doktor itu.

‎Sementara untuk event lomba lari 10 kilometer, Effendi menuturkan bahwa pihaknya juga sudah bekerjasama dengan PB PASI dalam pelaksanaannya. Untuk titik start dan finish akan mengambil tempat di Jalan Rasuna Epicentrum yang akan diikuti 10.000 pelari.

‎"Lomba lari ini akan memperebutkan Piala Kapolri," ucapnya.
‎‎
‎Effendi berharap, adanya event olahraga yang dilaksanakan dalam perayaan Pesta Bolon dapat menghasilkan atlet terbaik yang dapat mengharumkan nama negara. Diharapkannya, adanya pekan olahraga ini juga dapat menjadi sarana positif untuk para generasi muda.

"Kita harapkan pemerintah melihat ini, Menpora bisa melihat ini menjadi sesuatu yang positif. Kita mengaja semua pihak untuk berprestasi," tandasnya.‎

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Pesta Simbolon 2017, Gumanti Simbolon mengatakan, Pesta Bolon 2017 ini juga dimeriahkan dengan ibadah raya. Bagi yang berumat Kristen-Katolik, akan mengikuti kebaktikan raya. Bagi pemeluk agama Islam akan mengikuti tablig akbar. Acara ini akan diikuti oleh seluruh keluarga besar Simbolon‎ pada 7 dan 8 Juli 2017.

Pada bidang seni budaya, akan ada lomba paduan suara pria dan wanita, vocal grup Batak, vocal solo anak, cipta lagu Batak, opera Batak, dan Lawak Batak.
"Ada pula lomba fashion show ‎dan ‎design‎, donor darah oleh PMI, Simbolon Musical Show, dan Pesta Adat Batak," ujar Gumanti.

Penulis: Muhammad Zulfikar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved