Presiden Instruksikan Gubernur Jakarta, Jabar Dan Sumsel Bangun Sarana Olahraga Untuk Asian Games

Presiden Joko Widodo telah menandatangani Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 3 Tahun 2018 tentang Percepatan Pembangunan/Rehabilitasi Prasarana

Presiden Instruksikan Gubernur Jakarta, Jabar Dan Sumsel Bangun Sarana Olahraga Untuk Asian Games
TRIBUN SUMSEL/ABRIANSYAH LIBERTO
TINJAU VENUE - Wakil Presiden Jusuf Kalla ditemani Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Gubernur Sumsel Alex Noerdin meninjau Stadion Gelora Sriwijaya di Kawasan Komplek Jakabaring Sport City, Palembang, Kamis (7/12/2017). Wakil Presiden Jusuf Kalla melihat beberapa venue untuk memastikan kesiapan infrastruktur untuk Asian Games 2018 mendatang.TRIBUN SUMSEL/ABRIANSYAB LIBERTO 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Srihandriatmo Malau

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menandatangani Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 3 Tahun 2018 tentang Percepatan Pembangunan/Rehabilitasi Prasarana dan Sarana Olahraga serta Prasarana dan Sarana Pendukung dalam Persiapan Penyelenggaraan Asian Games XVIII dan Asian Para Games III Tahun 2018.

Melalui Inpres itu, Presiden Jokowi menginstruksikan kepada Gubernur DKI Jakarta, Jawa Barat (Jabar) dan Sumatra Selatan (Sumsel) membangun/rehabilitasi prasarana dan sarana olahraga dan pendukung persiapan Asian Games (AG) Tahun 2018 dan Asian Para Games III Tahun 2018.

“Instruksi Presiden ini mulai berlaku pada tanggal dikeluarkan,” bunyi akhir Instruksi Presiden Nomor 3 Tahun 2018, yang dikeluarkan di Jakarta, pada 16 Maret 2018," demikian dikutip Tribunnews.com dari laman Setkab, Selasa (3/4/2018).

1. Gubernur DKI Jakarta

Kepada Gubernur DKI Jakarta, Presiden Jokowi menginstruksikan untuk mengalokasikan anggaran dan menyiapkan prasarana dan sarana olahraga untuk venue cabang olahraga bola basket, balap sepeda nomor BMX dan baseball.

Selain juga tempat latihan cabang olahraga bola voli, bola basket, dan handball, dan lapangan latihan cabang olahraga rugby, yang diperlukan dalam persiapan penyelenggaraan Asian Games Tahun 2018.

Selain itu, untuk persiapan penyelenggaraan Asian Para Games III Tahun 2018, Presiden menginstruksikan Gubernur DKI Jakarta untuk mengalokasikan anggaran dan menyiapkan prasarana dan sarana olahraga untuk venue cabang olahraga serta prasarana dan sarana pendukung untuk venue kompetisi dan venue latihan cabang olahraga boccia, boling, catur, para cycling, goal ball, judo, tenis meja, bola voli duduk, anggar kursi roda, dan menembak.

“Merencanakan, mempersiapkan, memfasilitasi, dan mengoordinasikan pembangunan seluruh fasilitas dimaksud, serta harus terus berkoordinasi dengan Panitia Nasional INASGOC, INAPGOC, dan Kementerian Pemuda dan Olahraga,” bunyi diktum KEDUA poin 3c Inpres Nomor 3 Tahun 2018, yang telah ditandatangani oleh Presden Joko Widodo pada 16 Maret 2018 itu.

2. Gubernur Jawa Barat

Halaman
12
Penulis: Srihandriatmo Malau
Editor: Toni Bramantoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved