Run For Independence Day 2019, Berlari dalam Semangat Kemerdekaan

Event lari perdana yang diselenggarakan oleh M3KOM ini mengambil titik awal dan akhir di kompleks Gelora Bung Karno (GBK) dengan jarak tempuh 7.4 km,

Run For Independence Day 2019, Berlari dalam Semangat Kemerdekaan
dok. Run For Independence Day 2019
Peserta Run for Independence Day 2019 di GBK Senayan, Jakarta, Minggu (18/8). 

Memperingati kemerdekaan Indonesia ke 74, hari ini dilangsungkan perhelatan lari bertajuk Run For Independence Day (RFID) 2019. Event lari perdana yang diselenggarakan oleh M3KOM ini mengambil titik awal dan akhir di kompleks Gelora Bung Karno (GBK) dengan jarak tempuh 7.4 km, dua angka yang selaras dengan usia kemerdekaan RI tahun ini.

Acara yang awalnya ditargetkan untuk 2.000 peserta, mampu meraih animo tinggi masyarakat dan ditutup dengan meraup 3.000 peserta yang datang dari berbagai wilayah di area Jabodetabek & ada pula dari luar Jakarta. 

RFID dilatarbelakangi oleh keinginan untuk turut membangun suatu atmosfer positif di kalangan muda yang kala ini tengah berada dalam pusaran kondisi sosial dan politik yang cenderung terkotak, yang kerap mempengaruhi kehidupan bersosial di masyarakat.

Run For Independence Day 2019, Minggu (18/8).
Run For Independence Day 2019, Minggu (18/8). (Instagram @rfid_runforindependenceday)

Acara lari ini sengaja mengambil momentum hari kemerdekaan Indonesia, sebagai pemersatu sekaligus mewujudkan solidaritas serta kebersamaan di masyarakat. Selain itu pula, kegiatan ini ditujukan untuk mendorong kaum muda agar bersemangat dan selalu ingat untuk terus bahagia dalam beraktivitas maupun berkarya di kondisi apapun, serta suka dalam menghadapi berbagai tantangan dengan senantiasa menjunjung sportivitas tinggi dan berpikir positif. 

“Kami sangat antusias dalam menyelenggarakan RFID 2019 memeriahkan selebrasi kemerdekaan Indonesia, yang dimaksudkan untuk turut memberi ruang bagi kaum muda untuk berkompetisi sportif dalam suasana kebersamaan yang menyenangkan. Suasana positif perlu terus dibangun untuk turut menghadirkan masyarakat yang sehat jiwa raga, dan memiliki kebanggaan menjadi bangsa Indonesia yang kaya akan keragaman,” ungkap Patricia Meilyn, Direktur M3KOM dan Penggagas RFID. 

Meskipun target utama peserta adalah kaum muda, namun rentang usia partisipan yang terjaring dalam ajang ini cukup lebar, yaitu 18 hingga 60 tahun. Pembelian tiket yang dibuka sejak bulan Maret 2019 lalu telah terjual habis. Tidak dipungkiri masih banyak dari masyarakat yang berminat untuk turut serta dalam acara ini namun belum berhasil diakomodir karena jumlah peserta telah maksimal.

Peserta Run for Independence Day 2019.
Peserta Run for Independence Day 2019. (Tribunnews.com/Arman Riyansyah)

M3KOM menyediakan hadiah dengan total nilai puluhan juta Rupiah untuk beberapa kategori kompetisi yang terdiri dari kategori “Regular” pria dan wanita kelompok usia s/d 39 tahun, dan kategori “Master” pria dan wanita untuk kelompok usia 40 tahun ke atas.

Layaknya perayaan hari kemerdekaan, acara ini dimeriahkan pula dengan sesi keakraban berupa lomba khas 17 Agustus––tarik tambang, yang diikuti oleh berbagai komunitas lari, diantaranya LabsRunner, Trisakti Runner, Skolari, Run for Indonesia, Kelapa Ijo, Benerun, Allianz, Amatirun, CEO Runner dan masih banyak lagi. Tidak lupa tersedia pula berbagai doorprize menarik. Tidak hanya itu, RFID 2019 disemarakkan pula dengan kompetisi kostum terbaik, dengan tema “Hari Kemerdekaan”, Zumba, serta hiburan menarik dengan menghadirkan Boym-Serieus Band. 

RFID 4
Run For Independence Day 2019

RFID 2019 merupakan puncak acara lari yang didahului dengan dua kali kegiatan ‘Road to RFID’ yang masing-masing dilaksanakan pada bulan Juni dan Juli 2019 di area Car Free Day Tharmrin - Sudirman. Diharapkan dalam waktu mendatang kerjasama baik dengan berbagai pihak, acara ini dapat membesut lebih banyak jumlah peserta Bahkan untuk gelaran RFID selanjutnya, dimungkinkan untuk membidik lokasi di propinsi selain DKI Jakarta. 

Acara lari perdana RFID 2019 terselenggara berkat kerjasama M3KOM dengan Pemerintah Daerah DKI Jakarta, Gelora Bung Karno Senayan serta deretan partner kerja maupun pihak sponsor yang turut mendukung suksesnya acara pada hari ini. 

Salam Olahraga dan Salam Sehat Bersama!

Editor: Content Writer
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved