MotoGP

Marc Marquez Sudah Siapkan Ban Khusus Hujan di Sirkuit MotorLand Aragon

Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, menjadi yang tercepat pada dua sesi latihan bebas MotoGP Aragon yang digelar di Sirkuit Motorland Aragon, Jumat

Marc Marquez Sudah Siapkan Ban Khusus Hujan di Sirkuit MotorLand Aragon
Repsol Media Service
Marc Marquez tak tergoyahkan di sesi kualifikasi MotoGP Aragon 

TRIBUNNEWS.COM, ARAGON - Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, menjadi yang tercepat pada dua sesi latihan bebas MotoGP Aragon yang digelar di Sirkuit Motorland Aragon, Jumat (20/9/2019).

Pada sesi tersebut Marc Marquez menggunakan ban keras sehingga membuat dia sempat terjatuh.

Marc Marquez sengaja menggunakan ban keras agar dapat menyesuaikan dirinya dengan motor jika sesi latihan bebas ketiga (FP3) berlangsung di tengah turunnya hujan atau ketika sirkuit dalam kondisi basah.

"Kami tiba di Aragon setelah menjalani seri balap di sirkuit yang menyulitkan kami yakni Sirkuit Silverstone dan Misano. Di dua sirkuit tersebut kami masih berjuang untuk meraih kemenangan dan saya sudah mengatakan kemarin bahwa sirkuit ini memiliki tikungan dan tata letak yang saya sukai sehingga biasanya cocok untuk saya," kata Marquez.

"Sejak menjajal lintasan di Aragon, saya menemukan garis lintasan, titik pengereman yang benar, dan bahkan pada putaran ketiga saya bisa melakukan serangan waktu yang baik," ucap Marquez.

Strategi serangan pada pagi hari sangat kontras dengan rencana yang biasa digunakan Marquez pada hari pertama seri balap MotoGP.

Hal itu dia lakukan karena pada Sabtu (21/9/2019), cuaca di Sirkuit Motorland Aragon akan buruk.

"Besok perkiraan cuaca akan turun dan FP3 akan basah. Strategi kami yang pertama adalah menganalisis ban dari tahun lalu dan tahun ini. Kami memperkirakan bahwa ban yang kami inginkan adalah ban bagian belakang yang keras atau lunak," tutur pembalap 26 tahun itu.

"Untuk alasan ini saya mulai langsung dengan ban hard dan itu pilihan yang bagus. Saya merasa siap pada putaran kedua untuk melakukan serangan waktu. Kami sudah membicarakan hal ini dengan Santi (kepala kru) kemarin."

"Mengapa menunggu sampai sore? Jika Anda merasa siap di pagi hari itu adalah Rencana A, rencana yang sempurna, karena pada sore hari rencananya adalah bekerja dengan ban bekas dan mencoba menganalisis mana yang lebih baik antara ban belakang lunak dan keras. . "

Pelajaran yang dipetik Marquez dari musim gugur adalah bahwa pilihan ban depan akan tergantung pada suhu.

"Kami juga memiliki opsi yang sulit di Misano. Cuaca sangat hangat, tetapi ban tidak berfungsi. Di sini sepertinya ada cengkeraman yang lebih baik di lintasan, tetapi suhu lebih rendah," ujar pembalap asal Spanyol itu.

"Sekarang kami mengerti bahwa batas kecepatan kami adalah suhu. Jika suhu lintasan lebih dingin, kami tidak dapat menggunakannya, jika lebih hangat kami bisa menggunakan ban lunak."

Marquez dan pembalap MotoGP lainnya akan kembali ke lintasan untuk menjalani sesi latihan bebas ketiga (FP3) dan kualifikasi pada Sabtu (21/9/2019) atau hari ini, mulai pukul 14.55 WIB.

BACA:  https://www.bolasport.com/read/311859305/marc-marquez-antisipisi-turunnya-hujan-pada-fp3-motogp-aragon-2019?page=all

Editor: Toni Bramantoro
Sumber: BolaSport.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved