Icuk Sugiarto: Jika Jadi Menpora Saya Ciptakan Pemuda yang Unggul dan Olahraga yang Berprestasi

Icuk Sugiarto dicalonkan 61 Pimpinan Organisasi Kepemudaan Nasional yang bernaung di bawah bendera KNPI dan Puluhan Forum Cabang Olahraga Jadi Menpora

Icuk Sugiarto: Jika Jadi Menpora Saya Ciptakan Pemuda yang Unggul dan Olahraga yang Berprestasi
tribunnews.com/oro
Icuk Sugiarto (Baju batik duduk tengah) dan organisasi kepemudaan yang mendukungnya 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Mantan juara dunia Bulutangkis tahun 1983, Icuk Sugiarto dicalonkan 61 Pimpinan Organisasi Kepemudaan Nasional yang bernaung di bawah bendera KNPI dan Puluhan Forum Cabang Olahraga menjadi Menteri Pemuda dan Olahraga pada Kabinet Kerja Jilid II Joko Widodo–Maruf Amin.

Rachmad HS mewakili Forum Pimpinan Organisasi Kepemudaan Nasional menyatakan, diusulkannya Icuk Sugiarto sebagai calon Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) lantaran Icuk bisa diterima oleh kedua unsur yang bernaung di Kementerian, baik itu di kepemudaan maupun olahraga.

Hal inilah yang mendasari Rapar Kerja Nasional (Rakernas) Pengurus Pusat Komite Nasional Pemuda Indonesia (PP KNPI) memilih Icuk untuk diajukan kepada presiden.

“Kami ini membutuhkan Menpora yang bisa hidup di dua nafas kementerian, yakni pemuda dan olahraga. Dan orang yang cocok untuk memangku jabatan tersebut adalah Icuk Sugiarto,” kata Rachmad dalam sambutannya sebelum pembacaan deklarasi yang digelar di Hotel Atlet Century Jakarta, Selasa (8/10/2019).

Diakuinya, dunia olahraga juga mendukung Icuk untuk diajukan sebagai Menpora. Jadi tidak ada lagi keraguan bagi kedua unsur itu untuk tidak mendukung Icuk menjadi Menpora.

Sementara itu, Sekretaris Forum Cabor Lukman Husein yang mewakili unsur olahraga menambahkan, Sudah saatnya Kementerian Pemuda dan Olahraga dipimpin oleh orang yang mengerti olahraga dan kepemudaan.

Kebetulan pula, Icuk sudah memenuhi kriteria untuk itu, sehingga semuanya patut mendukung Icuk untuk maju.

“Jejak rekam Icuk sudah jelas. Dia seorang mantan juara dunia bulutangkis yang sepanjang karirnya di bulutangkis terus berproses mulai dari atlet, pelatih dan Pembina. Sementara di dunia kepemudaan, Icuk pernah menjadi unsur pimpinan di DPP KNPI selama dua periode pada eranya Hayono Isman dan Adhyaksa Dault,” ujar Lukman Husein.

 Lukman Husein mengajak semua yang hadir pada acara deklarasi tersebut untuk mengawal pengajuan Icuk sebagai Menpora sampai terkirimnya surat rekomendasi kepada Presiden Jokowi.

“Karena ini keinginan kita, mari kita secara bersama-sama mengawal proses ini sampai surat rekomendasi ke tangan presiden,” katany.

Sedangkan Icuk Sugiarto sendiri tampak terharu melihat antuasiasme para Forum Pimpinan OKP dan Forum Cabor yang menginginkannya menjadi Menpora.

Karena ia melihat tokoh pemuda dan olahraga memang sangat menginginkan Kemenpora dipimpin oleh orang olahraga dan pemuda sendiri bukan oleh orang partai politik.

“Saya mengerti para tokoh pemuda dan tokoh olahraga ingin pemuda dan olahraga Indonesia maju. Saya ingin melahirkan pemuda yang produktif, dan punya daya saing yang kuat dengan pemuda dari negara lain,” tutur Icuk Sugiarto yang juga ayah dari pebulutangkis Indonesia, Tommy Sugiarto itu.

Icuk Sugiarto juga ingin KNPI ke depan menjadi laboratoriumnya pemuda Indonesia. Bila ia memang dipercaya untuk memimpin Kemenpora, Icuk akan menjadikan kementerian pemuda dan olahraga sebagai kementerian yang melayani pemuda dan olahraga.

“Cita-cita saya kalau dipercaya menjadi Menpora, adalah menciptakan pemuda yang unggul dan olahraga yang berprestasi. Itu saja,” tandas Icuk Sugiarto.

Penulis: Toni Bramantoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved