Kepulauan Seribu Gelar Berbagai Olahraga Air Water Sport Competition 2019

Suku Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kepulauan Seribu tak pernah berhenti untuk terus menggenjot peningkatan pariwisata

Kepulauan Seribu Gelar Berbagai Olahraga Air Water Sport Competition 2019
Warta Kota/Henry Lopulalan
Warga yang hendak berwisata ke Kepulauan Seribu memenuhi Pelabuhan Kali Adem, Muara Angke, Jakarta Utara. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Suku Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kepulauan Seribu tak pernah berhenti untuk terus menggenjot peningkatan pariwisata Pulau Seribu. Setelah sebelumnya berbagai macam acara sukses dilakukan, kali ini akan mengadakan acara yang tak kalah menarik.

Tepatnya tanggal 16-17 November dan 23-24 November Sudin Parbud Pulau Seribu akan mengadakan Water Sport Competiton 2019. Akan ada banyak perlombaan seperti Lomba Dayung Sampan, Lomba Balap Perahu Tradsional, Lomba Ketangkasan Perahu Trdasional. Ini diadakan di Pulau Pramuka, tanggal 16-17 November 2019.

Kemudian untuk yang lebih modern ada Kompetisi Jet Ski Atraksi Flyboard, Pentas Musik dan Tidung Aquathlon dengan lomba Renang 770 M dan Lari 10k ini diadakan di Pulau Tidung pada tanggal 23-24 November 2019.

Kepala Sudin Pariwisata dan Kebudayaan Kepulauan Seribu, Cucu Ahmad Kurnia mengatakan bulan November akan ada acara besar di Pulau Seribu dengan nama Kepulauan Seribu Water Sport Competition 2019 rangkaian acara dimulai dari Pulau Pramuka dan puncaknya ada acara Aquathlon di Pulau Tidung. “Tidung Aquathlon ini adalah acara yang kedua, tahun kemarin yang menginisasi adalah Pak Sandiaga Uno,” terang Cucu Ahmad Kurnia kepada awak media, Selasa (5/11/2019).

Rangkaian acara kata Cucu diawali pada tanggal 16 November di Pulau Pramuka dengan agenda lomba yang mengangkat kearifan lokal, seperti lomba dayung sampan, ada balap perahu tradsional, ada juga tarik tambang pakai perahu, dan lomba menangkap bebek.

“Pesertanya bukan hanya masyarakat lokal, tapi ada juga dari negara tetangga seperti dari Singapur dan Malaysia. Untuk lomba jet ski ada lima kategori pemenang. Dan ada juga eksibisi flyboard, ini tidak masuk kategori lomba,” ujar Cucu Ahmad Kurnia.

Bagi masyarakat yang akan ikut berpartisipasi, Cucu mengatakan bisa melalui https://forms.gle/Fjhhu7hCHNYL3a6m8 bagi yang ingin mendaftar disarankan untuk cepat karena memang pesertanya terbatas hanya untuk 200 orang. Para peserta yang ikut Aquathlon nantinya akan mendapatkan fasilitas free transportasi dari Marina Ancol, Akomodasi (Camping Ground), Gala Dinnner dan T-Shirt.

“Perlu diketahui bahwa kegiatan ini merupakan kolaborasi Sudin dengan masyarakat pulau. Terutama untuk lomba tradsional. Panitiaan dipegang oleh masyarakat pulau mulai dari aturan kompetisi sampai dengan pendaftaran,” ungkap Cucu.

Bupati Kepulauan Seribu Full Suport Pulau Seribu Competition 2019

Dukungan besar juga diberikan oleh Bupati Kepualuan Seribu, Husen Murod. Menurutnya, ajang seperti itu bisa menjadi sarana untuk menampilkan kearfian lokal yang ada di Kepulauan Seribu. Adanya perlombaan perahu tradisional, kemudian ada permainan yang identik dengan masyarakat pulau tentu ini menjadi daya tarik tersendiri.

“Kemudian di Pulau Tidung yang tentunya menyasar masyarakat yang hoby olahraga seperti renang dan lari bukan hanya dalam negeri, tapi juga dari luar negeri ini bagus sekali. Diharapkan bisa menumbuhkan minat olahraga-olahragawan masyarakat pulau,” kata Bupati saat ponselnya dihubungi wartawan.

Selain itu Bupati juga mengatakan kegiatan ini bisa menjadi ajang promosi wisata agar masyarakat bisa lebih mengenal lagi destinasi wisata yang ada di Pulau Seribu. Menurutnya, ini bisa menjadi pembuktian bahwa keindahan alam di Pulau Seribu tidak kalah dengan wisata pulau-pulau lain.

Bupati juga menjelaskan terkait dengan dukungan dari Pemerintah Kabupaten Kepualuan Seribu dimana kata dia, Pemkab mendukung acara ini agar bisa berjalan baik dan lancar, tentu tanpa mengabaikan keindahan pulau itu sendiri dengan menjaga kebersihan. “Kita juga akan cek track-track yang akan dilalui apakah sudah layak apakah perlu diperbaiki. Kita juga akan siapkan kapal ambulan untuk mengantisipasi kejadian di luar keinginan kita,” tegasnya.

Untuk mensukseskan acara tersebut Bupati berpesan agar panitia bisa bekerja dengan maksimal sehingga bisa memuaskan para peserta dan pengunjung. Bupati juga berharap agar acara ini mendapat respon positif dari masyarakat. Ini kata dia sebagai ajang untuk menunjukan bahwa Pulau Seribu bisa menjadi tempat yang nyaman bagi para wisatawan.

“Ini juga bisa memberikan kesempatan untuk para UKM-UKM yang ada di pulau untuk memperomosikan produksi-produksinya. Untuk para pengunjung untuk tetap menjaga kebersihan, keindahan dan kelestarian Pulau Seribu karena ini pulau milik kita bersama yang harus kita jaga bersama,” tandasnya.

Editor: FX Ismanto
Ikuti kami di

BERITA REKOMENDASI

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved