Untuk Kali Pertama, Oceanman Akan Digelar di Indonesia

Ajang renang perairan terbuka Oceanman 2020 akan digelar mulai Maret 2019. Berbeda dari gelaran sebelum-sebelumnya, Indonesia untuk pertama kalinya

Untuk Kali Pertama, Oceanman Akan Digelar di Indonesia
repro
Untuk Kali Pertama, Oceanman Akan Digelar di Indonesia 

TRIBUNNEWS.COM - Ajang renang perairan terbuka Oceanman 2020 akan digelar mulai Maret 2019. Berbeda dari gelaran sebelum-sebelumnya, Indonesia untuk pertama kalinya akan menjadi salah satu tuan rumah. 

Oceanman 2020 akan digelar di 16 negara, dimulai dari Yucata, Meksiko, pada Maret 2020. Setelahnya, Oceanman akan dihelat di Bali, pada 10-11 April 2020. Oceanman 2020 dijadwalkan selesai di Siprus, pada 7-8 November.

Untuk penyelenggaraan di Indonesia, Oceanman Internasional menunjuk Millennium Aquatic menjadi penyelenggara. Millennium Aquatic Jakarta merupakan klub renang papan atas yang dikelola dua mantan perenang nasional, Felix Sutanto dan Albert Sutanto

Millennium Aquatic, yang didirikan pada September 1999, sudah tersebar di kota-kota besar Indonesia dan beranggotakan lebih dari seribu atlet. Selain mengelola Millenium Aquatic, Felix dan Albert juga rutin mengikuti Oceanman.

Hal itu membuat Felix dan Albert dinilai memiliki komitmen kuat terhadap dunia renang, khususnya Oceanman, sehingga dipercaya untuk menggelar Oceanman 2020 di Indonesia. 

"Oceanman ini ajang internasional yang selalu diikuti ribuan peserta. Menurut saya, dengan masuknya Indonesia sebagai salah satu tuan rumah, Oceanman akan berdampak positif juga bagi masyarakat Indonesia, terutama publik Bali," ujar Felix Sutanto.

"Oceanman akan menjadi pengalaman baru bagi publik Indonesia. Saya optimistis, Indonesia akan memberikan warna baru dalam perlombaan kelas dunia ini. Peserta dari mancanegara yang konsisten mengikuti ajang ini juga akan punya pandangan baru mengenai Indonesia," sambung Albert.

Oceanman dibagi dalam lima kategori. Kategori tertinggi pada Oceanman adalah berenang di perairan terbuka sejauh sepuluh kilometer. Kategori ini dibagi dalam tujuh nomor, yaitu junior (16-19 tahun), Master 20-29 (20-29 tahun), Master 30-39, Master 40-49, Master 50-59, Master +60, dan Inspiration (peserta memiliki tingkat disabilitas lebih dari 33 persen).

Bagi anak-anak, Oceanman menyediakan kategori Oceankids, yang bisa diikuti anak-anak berusia 7-14 tahun. Ada juga kategori tim, yang bisa diikuti perenang berusia mulai dari 12 tahun. 

Peserta Oceanman akan memulai perlombaan dari fase kualifikasi dan mendapatkan bimbingan dari pelatih bersertikasi internasional. Nantinya, lima pemenang Oceanman dari setiap negara berkesempatan tampil pada world final. 

"Oceanman ini bukan hanya soal kompetisi, tetapi juga kegembiraan dan solidaritas. Ajang ini terbuka bagi semua orang. Saya berharap, publik Indonesia ambil bagian dalam ajang ini," tambah Felix.

Penyelenggaraan Oceanman Indonesia 2020 akan didukung sepenuhnya oleh Roro Jonggrang Sport Event Organizer. Dan, meski Oceanman Indonesia baru digelar pada April 2020, sejumlah persiapan sudah dilakukan.

"Kami sudah mulai melakukan survei dan koordinasi dengan pihak terkait, terutama yang berkaitan dengan keselamatan, keamanan, dan akomodasi peserta. Kami berharap banyak masyarakat Indonesia ambil bagian dalam event ini karena ini positif bagi pariwisata Indonesia," ujar Direktur Roro Jonggrang Sport Event Organizer Joko Setyo Pramuji.

Penulis: Abdul Majid
Editor: Toni Bramantoro
Ikuti kami di

BERITA REKOMENDASI

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved