Sirkuit Sentul Jadi Ajang Pembuka Asian Karting Open Championships 2020

Asian Karting Open Championships (AKOC) 2020, siap digelar di Sentul International Karting Circuit (SIKC) pada 14 - 16 Februari 2020

Sirkuit Sentul Jadi Ajang Pembuka Asian Karting Open Championships 2020
HANDOUT
Sirkuit Gokart Sentul 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ajang balap gokart bertaraf internasional, Asian Karting Open Championships (AKOC) 2020, siap digelar di Sentul International Karting Circuit (SIKC) pada 14 - 16 Februari 2020 mendatang. AKOC kembali berhasil digelar di Tanah Air setelah absen selama sepuluh tahun.

Masuknya AKOC kembali ke Indonesia merupakan hasil kerja sama antara PT. Sarana Lintasan Indonesia (SLI, pengelola Sentul Karting Circuit), RFT, serta Tanada Racing.

Terkait digelarnya AKOC di Indonesia, Kemas Haikal selaku Direktur PT. SLI mengungkapkan pihaknya selaku pengelola Sirkuit Sentul merasa senang bahwa Sirkuit Sentul bisa didaulat menjadi tuan rumah dari laga pembuka Asian Karting Open Championships 2020.

"Setelah beberapa waktu terakhir kami terus mengoptimalisasi sirkuit dan melakukan pengembangan, pada akhirnya Sirkuit Sentul bisa menjadi tuan rumah dari ajang bertaraf internasional. Semoga saja ajang Asian Karting Open Championships ini bisa menjadi tren yang baik dan positif sehingga ke depannya Sirkuit Sentul bisa terus menggelar ajang gokart internasional secara berkelanjutan," ungkap Kemas Haikal, Senin (10/2/2020).

AKOC akan disiarkan langsung via live streaming di MAX Stream, bekerja sama dengan Viva. Untuk dapat menikmati live streaming AKOC tersebut, silakan download aplikasi MAX Stream melalui Google PlayStore atau App Store. Live streaming AKOC ini menandakan pertama kalinya ajang gokart disiarkan secara langsung.

Menurut rencana, ajang balap AKOC di Sirkuit Sentul akan diramaikan oleh belasan pegokart mancanegara, mulai dari Singapura, Malaysia, Thailand, Filipina, Sri Lanka, China hingga Jepang. Saat ini tercatat sudah sebanyak lebih kurang 50 peserta yang akan ikut ajang AKOC.

AKOC sendiri dapat kembali digelar di Indonesia setelah di penghujung 2019 lalu, CIK-FIA selaku komisi tertinggi gokart di dunia telah melakukan inspeksi terhadap Sirkuit Sentul.

Hasil inspeksi tersebut positif menyatakan bahwa Sirkuit Sentul berhak untuk menggelar ajang gokart bertaraf internasional.

Hal ini juga merupakan upaya yang terus dilakukan oleh pihak pengelola Sirkuit Sentul demi membuat Sentul menjadi wadah yang tepat untuk berkompetisi, tak hanya bagi para pegokart nasional, namun juga untuk para peserta yang berasal dari luar negeri.

Rifat Sungkar selaku Direktur RFT dan sosok yang peduli terhadap tumbuh kembang kancah gokart mengungkapkan dirinya senang sekali bahwa Sentul dapat kembali menggelar ajang gokart internasional.

"Seperti kita tahu, gokart merupakan dasar dari olaharaga balap, sehingga para peserta yang rata-rata terdiri dari anak-anak hingga remaja ini bisa mendapatkan tempat yang layak untuk berkompetisi. Terima kasih untuk usaha dan kerja keras yang ditunjukkan oleh pihak-pihak terkait untuk membuat Sentul bisa menggelar AKOC 2020,” tuturnya.

Di tahun 2020, AKOC akan digelar sebanyak lima putaran dan Sirkuit Sentul akan menjadi laga pembuka untuk kejuaraan ini.

Berikut jadwal lengkap AKOC 2020:

14 - 16 Februari 2020 — Round 1 (Sentul International Circuit)
18 - 19 April 2020 — Round 2 (Beijing, China)
6 - 7 June 2020 — Round 3 (Kartodromo De Coloane Circuit, Macao China)
19 - 20 September 2020 — Round 4 (Carmona Race Track, Philippines)
5 - 6 December 2020 — Round 5 (Kartodromo De Coloane Circuit, Macao China)

Penulis: Toni Bramantoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved