Ini Pesan Sang Juara Kompas Tambora Challenge 2019

Hendra Siswanto pemegang rekor sekaligus juara Kompas Tambora Challenge 2019 kategori individu membagikan tips penting bagi pelari

wartakotalive
Hendra Siswanto, pemegang rekor individu Kompas Tambora Challenge 2019. 

Laporan Reporter WARTAKOTALIVE.COM, Rafsanzani Simanjorang

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Hendra Siswanto pemegang rekor sekaligus juara Kompas Tambora Challenge 2019 kategori individu membagikan tips penting bagi pelari yang ingin ikut dalam kegiatan serupa di tahun ini.

Kompas Tambora Challenge 2020 yang akan digelar 22 hingga 25 Juli 2020 mendatang, tentu memberikan calon pelari waktu lebih untuk mempersiapkan diri sebelum berjuang nantinya menaklukkan track sepanjang 320K.

Hendra Siswanto pun membagikan pengalaman dan tipsnya untuk para pelari lainnya. Pemegang rekor individu dengan catatan waktu 55 jam dan 56 menit ini mengatakan bahwa untuk menaklukkan rute 320k diperlukan latihan marathon yang bertahap.

"Tidak bisa intsan dalam lari dengan jarak 320k. Pelari harus melatih dirinya dengan mencoba tahap demi tahap. Contohnya dalam seminggu sekisar 100k hingga 200k, bila sudah terbiasa maka dapat dinaikkan lagi," ujarnya di kompleks TVRI, Jumat, (21/2/2020)..

Selain itu, dalam race, ia menekankan agar pelari dapat memanajemen waktu istirahatnya dengan baik. Menurutnya efesiensi waktu sangat penting untuk tetap menjaga fokus mencapai finis.

Tak cukup sampai disitu, ia juga memberikan masukan bagi pelari akan menjaga nutrisi serta asupan air bagi tubuh mereka.

"Minum juga harus disiplin, jangan sampai dehidrasi. Setiap tiga kilometer saya biasanya minum agar tidak dehidrasi. Biasanya saya minum 200ml setiap menempuh jarak tiga kilometer, tapi kebutuhan air itu kan beda-beda setiap orang, itu wajib diingat," terangnya.

Sedangkan untuk asupan giji, ia menjelaskan dirinya menyempatkan memakan buah pisang atau bubur kala sudah menempuh jarak 10k atau 5k dan memakan nasi atau makanan yang berkuah di jarak 40 km pada pos yang tersedia.

Sukses mencetak rekor di kategori individu 2019 lalu, Hendra langsung mengincar kategori relay pada tahun ini. Ia pun bersiap untuk mencari rekannya untuk berjuang bersama di Kompas Tambora Challenge 2020.

Berita Populer
Editor: Toni Bramantoro
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved