Olimpiade Tokyo 2020

Sikap Kemenpora Tanggapi Penundaan Olimpiade Tokyo 2020

Keputusan IOC untuk menunda Olimpiade Tokyo 2020 hingga 2021 mendatang mendapat respon positif dari Kementrian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia.

Sikap Kemenpora Tanggapi Penundaan Olimpiade Tokyo 2020
kemenpora
Melalui Surat Nomor 3.17.4/SET/lll/2020 17 Maret 2020 terkait kewaspadaan terhadap penyebaran virus Covid-19 terhadap dunia olahraga di Indonesia. Maka Kementerian Pemuda dan Olahraga telah menyusun Protokol Kewaspadaan Pencegahan Wabah COVID-19 Bagi Kegiatan Keolahragaan. 

TRIBUNNEWS.COM - Olimpiade 2020 Tokyo yang semula dijadwalkan 24 Juli hingga 9 Agustus mendatang resmi ditunda karena pandemi virus corona.

Pada Selasa (24/3/2020) pagi waktu Indonesia, diberitakan sebelumnya bahwa, Shinzo Abe dan Presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC) Thomas Bach menemui kesepakatan bahwa Olimpiade tahun ini akan diundur karena pandemi virus corona.

"Mengingat penyebaran corona virus baru di seluruh dunia, kit membahas penundaan Olimpiade Tokyo dan Paralimpiade," ungkap PM Jepang Shinzo Abe setelah pembicaraan dengan Presiden IOC Thomas Bach melalui sambungan telepon.

Dan disampaikan Abe, Presiden Bach setuju 100 persen dengan penundaan ini.

Namun akhirnya, Dewan Eksekutif Komite Olimpiade Internasional mengadakan pertemuan darurat pada Selasa (24/3/2020) malam waktu Indonesia guna membahas kelanjutan Olimpiade Tokyo 2020.

Baca: Terjangkit Virus Corona, Paulo Maldini Dapat Dukungan dari Fransesco Totti, Carles Puyol hingga Kaka

Baca: Fokus Penanganan Covid-19, Anggaran Kemenpora Siap Dipangkas

Baca: Cegah Penyebaran Virus Corona, Seluruh Ruangan Kantor Kemenpora Disemprot Desinfektan

Dari hasil pertemuan tersebut, akhirnya Olimpiade Tokyo 2020 resmi ditunda hingga 2021 mendatang, dimana untuk waktu pelaksanaannya dijadwalkan pada musim panas.

"Segalanya berubah dengan sangat cepat pagi ini, tetapi kami akhirnya memiliki keputusan yang menurut banyak orang seharusnya dibuat beberapa minggu lalu." pernyataan tertulis yang diputuskan oleh Shinzo Abe dan Presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC) Thomas Bach pada pertemuan Dewan Eksekutif IOC sore ini, Selasa (24/3/2020).

"Pertandingan Olimpiade XXXII di Tokyo harus dijadwal ulang hingga setelah tanggal (yang dijadwalkan) tahun 2020, tetapi tidak lebih dari musim panas 2021."

"Untuk menjaga kesehatan para atlet, semua orang yang terlibat dalam Olimpiade, dan komunitas internasional," pernyataan Komite Olimpiade Internasional (IOC).

Keputusan IOC untuk menunda Olimpiade Tokyo 2020 hingga 2021 mendatang mendapat respon positif dari Kementrian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia.

Halaman
123
Penulis: Rochmat Purnomo
Editor: Muhammad Nursina Rasyidin
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved