Breaking News:

Tiga Kategori Protokol Kesehatan Olahraga, Menpora: Tolong Dibaca

Protokol kesehatan yang dibuat Kemenpora mencakup tiga segmen mulai dari latihan, kompetisi hingga olahraga masyarakat.

Tribunnews/Abdul Majid
Menpora Zainudin Amali didampingi Sesmenpora Gatot S Dewa Broto saat diwawancarai setelah acara pelantikan pejabat Kemenpora Eselon III dan IV, Selasa (16/6/2020). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Abdul Majid

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) telah mengedarkan protokol kesehatan untuk cabang olahraga yang akan menjalani pelatnas atau kompetisi di tengah pandemi Covid-19 pada Kamis (11/6/2020).

Protokol yang dibuat Kemenpora merupakan panduan umum yang harus dijalani cabor-cabor, sementara untuk protokol spesifik lainnya ia serahkan kepada cabor masing-masing.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali meminta kepada cabor-cabor untuk menerapkan hal itu dan yang belum paham dengan protokol tersebut segera menanyakan langsung ke Kemenpora.

Baca: Cristiano Ronaldo Akui Pemain Ini Lebih Jago Eksekusi Tendangan Bebas di Manchester United

Baca: Perbedaan Mencolok dari Tindakan Rossi dan Marquez Saat Dianggap Juara Karena Faktor Motor

“Kami sudah edarkan ke berbagai stakeholder termasuk induk cabang olahraga. kalau ada cabor tak paham boleh ditanyakan ke kami, tapi tolong dibaca,” kata Menpora di Kemenpora, Senayan, Jakarta, Selasa (16/6/2020).

Protokol kesehatan yang dibuat Kemenpora mencakup tiga segmen mulai dari latihan, kompetisi hingga olahraga masyarakat.

“Protokol ini kita bagi tiga kategori. kategori pertama untuk kebutuhan latihan baik pelatnas, pelatda, dan pelatihan lainnya. kedua adalah kategori kompetisi, turnamen, pertandingan dan sejenisnya. ketiga kategori untuk olahraga masyarakat atau olahraga rekreasi. itu pembagiannya,” jelasnya.

Sebelumnya, Menpora juga meminta kepada cabor-cabor yang akan menjalani pelatnas untuk melaporkan proposal disertai dengan perencanaan detail terkait protokol kesehatan.

Sejauh ini baru ada tiga cabor yang menjalani pelatnas di tengah pandemi Covid-19 dengan menerapkan protokol kesehatan.

“Ada yang sudah latihan, ada cabor sudah pelatnas dan berlangsung lama, yakni bulutangkis, menembak dan angkat besi. Mereka lakukan disiplin yang ketat. sebelum masuk pelatnas semua di tes, minimal rapid, bahkan ada yang sampai PCR,”

“Kalau misal ada cabor yang ingin gelar latihan, silahkan sampaikan perencanaan program latihan dan penerapan protokol kesehatannya seperti apa. Kami akan lihat. kalau oke kita izinkan, kalau tidak kami suruh revisi,” pungkasnya.

Penulis: Abdul Majid
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved