Breaking News:

MotoGP

15 Tahun Lamanya Yamaha Berusaha Mencari Pengganti Valentino Rossi

Mulai musim depan, posisi dari rider berjulukan The Doctor itu akan digantikan oleh Fabio Quartararo

MotoGP
Valentino Rossi di tes Jerez 2019, masih khawatirkan top speed Yamaha 

TRIBUNNEWS.COM - Managing director Yamaha, Lin Jarvis, secara terang-terangan menyebut timnya telah berburu untuk mencari pengganti Valentino Rossi sejak musim 2005 lalu.

Sejak kepindahannya dari Honda pada 2004, Valentino Rossi telah menjelma menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari tim pabrikan Yamaha.

Bagaimana tidak? Selama kurang lebih 15 musim membalap untuk Yamaha, Valentino Rossi sukses mengemas empat dari total tujuh gelar juara dunia di kelas MotoGP.

Namun, perjalanan panjang Valentino Rossi bersama tim pabrikan Yamaha harus terhenti setelah kontraknya yang akan habis pada akhir musim ini tidak lagi.

Baca: Andai Orang Ini Jadi Bos Yamaha, Valentino Rossi Tetap di Tim Pabrikan, Quartararo di Tim Satelit

Mulai musim depan, posisi dari rider berjulukan The Doctor itu akan digantikan oleh Fabio Quartararo yang musim ini sudah membukukan dua kemenangan bersama Petronas Yamaha SRT.

Jauh sebelum ini, Valentino Rossi juga pernah santer diberitakan akan hengkang dari tim berlogo garpu tala itu lantaran beberapa hal yang menyangkut soal keinginannya.

Momen itu terjadi pada 2005 saat pembalap asal Italia itu melakoni beberapa kali uji coba bersama tim Scuderia Ferrari dan puncaknya dia dijanjikan tampil pada F1 musim 2007.

Baca: Bos Yamaha Jawab Tudingan Valentino Rossi yang Merasa Dipersulit Soal Setelan Motor

Tak ayal, pendekatan yang dilakukan oleh tim kuda jingkrak kepada Valentino Rossi membuat Yamaha harus mengambil langkah cepat untuk mencari pengganti yang sepadan.

Skuad Iwata membidik Jorge Lorenzo sejak 2006 yang kala itu sedang berjuang meraih gelar juara di kelas 250cc, dan akhirnya kesepakatan terjalin antara dia dan Yamaha pada 2008.

"Sejak 2005 kami telah mencari pengganti untuk Valentino Rossi, kala itu dia baru merampungkan musim kedua bersama kami," kata Lin Jarvis, dilansir BolaSport.com dari Tuttomotoriweb.

"Dia mempunyai peluang yang besar untuk meninggalkan kami untuk hijrah dan berkompetisi pada ajang balap Formula 1, saat itu pula kami melakukan pendekatan dengan Jorge Lorenzo," ucapnya.

Pada musim yang sama pula, Valentino Rossi akhirnya lebih memilih tetap tinggal di Yamaha guna berkompetisi pada ajang balap motor paling bergengsi di dunia tersebut.

"Jorge Lorenzo bergabung dengan kami dan memenangkan tiga gelar juara dunia, itu merupakan momen pertama kali kami harus memikirkan pengganti yang tepat untuk Valentino Rossi," ujar Jarvis.

Editor: Hasiolan Eko P Gultom
Sumber: BolaSport.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved