Breaking News:

eSports

Resmikan Esport Sebagai Cabang Olahraga Prestasi, Begini Harapan KONI

Esport baru saja diakui secara resmi oleh Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) serta KONI sebagai cabang olahraga prestasi di Indonesia.

Penulis: Rochmat Purnomo
Editor: Husein Sanusi
Dok. MPL Indonesia
Di Tengah Pandemi Covid-19, Liga Mobile Legends Indonesia Jadi Liga Esports Terbaik di Dunia. 

TRIBUNNEWS.COM - Ade Lukman selaku Sekretaris Jendral Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) memberikan harapannya terkait keberadaan cabang olahraga Esport.

Esport baru saja diakui secara resmi oleh Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) serta KONI sebagai cabang olahraga prestasi di Indonesia.

Dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, hari ini, pengakuan itu ditetapkan pada Rapat Kerja Nasional (Rakernas) KONI Pusat 2020 secara virtual pada 25-27 Agustus 2020.

Valencia H. Tanoesoedibjo (tengah) Managing Director GTV saat memimpin konferensi pers eSports Star Indonesia di gedung GTV, Kebun Jeruk, Jakarta, Jumat (19/6/2020).
Valencia H. Tanoesoedibjo (tengah) Managing Director GTV saat memimpin konferensi pers eSports Star Indonesia di gedung GTV, Kebun Jeruk, Jakarta, Jumat (19/6/2020). (Tribunnews/Abdul Majid)

Baca: Kemenpora Awasi Penggunaan Anggaran PSSI yang Berasal dari APBN

Baca: 73 ASN Kemenpora Dianugerahi Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Satya

Dalam rapat tersebut pula, secara resmi pemerintah Indonesia menyetujui Pengurus Besar Esports Indonesia (PB ESI) sebagai satu-satunya badan resmi pemerintahan yang menaungi esports sebagai sebuah olahraga prestasi di Indonesia di bawah KONI.

Pengakuan ini menandakan bahwa esports dapat ikut dipertandingkan pada kompetisi-kompetisi resmi tingkat nasional seperti Pekan Olahraga Nasional (PON).

"Esports layak menjadi sebuah cabang olahraga karena menggunakan tenaga manusia berupa kecepatan, ketangkasan, dan strategi seperti pada olahraga umumnya," kata Ketua Harian PB ESI Bambang Sunarwibowo.

Bambang menambahkan, kelayakan esports sebagai olahraga prestasi juga berlandaskan fakta bahwa esports sudah banyak dipertandingkan baik dalam event nasional atau pun internasional, termasuk di Asian Games 2018 dan SEA Games 2019.

Ade Lukman
Ade Lukman (ist)

Baca: Turnamen Free Fire Fall Season 2020 Dapat Dukungan Kemenpora

Baca: Cari Atlet Esports, Kemenpora Adakan Piala Menpora Esports 2020

Baca: Piala Menpora Esports 2020 Diikuti 2.048 Tim Esports

Sementara itu, Sekretaris Jenderal KONI Pusat Ade Lukman mengatakan harapan pihaknya.

"KONI mendukung penuh perkembangan esports di Indonesia. Semoga di bawah naungan PB ESI, atlet dan tim esports Indonesia bisa menciptakan prestasi di tingkat internasional dan mengharumkan nama bangsa," kata Ade Lukman.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Esports Jadi Olahraga Prestasi, Ini Harapan KONI"

Sumber: TribunSolo.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved