Breaking News:

Zainudin Amali Optimis Kepulauan Riau Dapat Menyajikan Sport and Tourism yang Luar Biasa

Zainudin Amali sebut Kepulauan Riau memiliki potensi yang luar biasa untuk kembangkan Sport Tourism.

Dok. Kemenpora
Zainudin Amali Optimis Kepulauan Riau Dapat Menyajikan Sport and Tourism yang Luar Biasa 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Yudistira Wanne

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Zainudin Amali sebut Kepulauan Riau memiliki potensi yang luar biasa untuk kembangkan Sport Tourism.

Zainudin mengatakan bahwa Kepri merupakan salah satu wilayah yang menyimpan keindahan alam cukup bagus sehingga banyak menarik minat wisatawan berkunjung ke sana.

Lanjut Zainudin, Kepri merupakan wilayah yang dikelilingi lautan sehingga ke depannya konsep wisata bahari dapat menjadi icon di wilayah tersebut.

"Mengingat bahwa Kepri banyak dikitari lautan dan yang terkenal dalam peradaban sebagai Selat Malaka, sangat cocok dikembangkan olahraga bahari sekaligus pariwisata," ujarnya.

Dalam kunjungannya, Zainudin mengaku sangat senang dengan nuansa alam yang ada di Kepri. Menurutnya, Indonesia yang memiliki kekayaan dan keindahan alam luar biasa harus menjadi sasaran utama pengunjung dalam wisata maupun olahraga.

"Saya tadi mampir ke Lagoi, indah dan pasti banyak diminati. Contoh, Thailand saja yang dulu hanya mengandalkan pendapatan sektor hiburan sekarang sudah paket wisata dan olahraga. Negara kita lebih punya potensi karena sumber daya alam yang luar biasa," jelasnya.

Sementara itu, Zainudin optimis, Kepri dapat mengembangkan sport tourism di daerah ini.

Terlebih, Treasure Bay Bintan dan Bintan Cakrawala Resort, Lagoi, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau cukup begitu luar biasa pemandanganya.

"Lagoi ini indah dan pasti banyak diminati, apalagi sudah dirancang dengan berbagai fasilitas untuk bisa berolahraga," katanya.

Letak strategis di Selat Malaka, berbatasan langsung dengan beberapa negara seperti Malaysia, Singapura, Kamboja, Vietnam, dan persinggahan lalu-lintas perdagangan internasional, meskipun suasana seperti sekarang sekalipun akan mudah mendatangkan orang bila ada kemasan pariwisata berpaket olahraga.

"Sekarang tinggal kita bagaimana meyakinkan negara-negara lain tentang penanganan covid, jika mereka sudah percaya disini akan mudah karena jarak antar negara dekat," ucap Menpora RI melanjutkan pembicaraan.

Selain itu, dalam sambutan Pjs Gubernur Kepri menyebutkan bahwa dalam waktu dekat akan diadakan perlombaan Dragon Boat, olahraga air perahu naga yang banyak diminati wisatawan.

"Tanjungpinang ini dalam sejarahnya adalah pusat peradaban dan pusat perdamaian, semua bangsa lewat dan singgah di sini (Selat Malaka), nanti ada Dragon Boat semoga menggeliatkan kembali olahraga dan perekonomian," ucap Pjs Bahtiar.

Editor: Toni Bramantoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved