Breaking News:

MotoGP

Suzuki Sebut Sukses Joan Mir Juara Dunia MotoGP 2020 Sudah Dirancang Sejak Dua Tahun Silam

Motor GSX-RR yang digunakan oleh Joan Mir mengalami peningkatan terutama pada pengereman dan performa yang sudah dibangun sejak 2018.

LLUIS GENE / AFP
Pembalap Spanyol Suzuki Ecstar Joan Mir merayakan kemenangan setelah memenangkan kejuaraan dunia MotoGP setelah Grand Prix Valencia di sirkuit Ricardo Tormo di Valencia pada 15 November 2020. LLUIS GENE / AFP 

TRIBUNNEWS.COM - Keberhasilan Joan Mir (Suzuki Ecstar) jadi juara dunia MotoGP 2020 di klaim Suzuki sudah dirancang sejak dua tahun yang lalu. 

Joan Mir berhasil menjadi juara dunia MotoGP 2020 setelah kokoh di puncak klasemen dengan perolehan 171 poin. 

Baca juga: Seusai Yamaha, Monster Energy Sponsori Suzuki Mulai MotoGP 2021

Pembalap asal Spanyol tersebut membukukan satu kemenangan dan tujuh podium untuk merebut titel dari sang juara bertahan Marc Marquez (Repsol Honda). 

Meski begitu, Suzuki klaim keberhasilan Mir tak lepas dari performa motor balap GSX-RR yang tak kalah hebat.

Baca juga: Marc Marquez Kembali Musim Depan, Joan Mir Wanti-wanti Suzuki Siapkan Hal Ini

Kepala kru Joan Mir, Frankie Carchedi, membenarkan Suzuki GSX-RR yang digunakan oleh Joan Mir mengalami peningkatan terutama pada pengereman dan performa yang sudah dibangun sejak 2018.

"Langkah dengan motor itu lebih besar dari yang orang pikirkan," kata Carchedi, dilansir BolaSport.com dari Speedweek.com

"Itu bukan terjadi dalam setahun. Kami punya rencana dua tahun dan benar-benar memberi Joan waktu selama enam bulan pada tahun lalu," ungkap dia. 

"Di mana dia mengendarai motor balap yang pada dasarnya sama. Setelah itu kami membuat banyak perubahan setiap pekan demi pekan sehingga dia bisa mengerti motornya," sambung Carchedi.

Baca Juga: Tak Perlu Pensiun, Valentino Rossi Masih Pantas Balapan pada MotoGP

 

Bukan hanya itu saja, Carchedi juga mengungkapkan hasil pengembangan ini membuat Mir puas menunggangi GSX-RR 

Meski motor ini merupakan model lama, Suzuki berhasil menciptakan GSX-RR menjadi ergonomis atau mudah dikendarai bagi pembalapnya.

"Kami coba ubah posisinya, karena dia tidak pernah mengeluh soal itu. Saat dia mencobanya, langsung 'wow' kami mencapai dua digit dengan posisi -  ketinggian tempat duduk hingga setang dan juga pijakan kaki," ungkapnya. 

"Kami gunakan motor lama untuk menemukan set-up yang optimal. Meski banyak yang berubah."

"Pendekatan Suzuki dimulai dari bagian yang tertinggal. Dan kami mengerjakannya selama musim dingin. Sejak saat itu, kami mengembangkan motor balapnya sedikit demi sedikit," ucap dia lagi.

Editor: Hasiolan Eko P Gultom
Sumber: BolaSport.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved