All England 2021

Pengusiran Tim Indonesia Bikin Gengsi All England 2021 Jeblok, Mirip Kejurnas Pebulutangkis Jepang

Ajang All England sebelumnya bergengsi itu tak lagi kompetitif. hanya jadi turnamen All Japan Open atau seperti ajang Kejurnas Jepang.

Dok. YouTube AllEnglandBadminton
Logo All England 2016. 

TRIBUNNEWS.COM - Dipaksa hengkangnya tim bulutangkis Indonesia dari All England 2021 langsung berpengaruh terhadap ajang tersebut.

Ajang yang sebelumnya bergengsi itu tak lagi kompetitif.

Baca juga: Indonesia Dipaksa Mundur dari All England 2021, Ada Konspirasi? Ini 3 Kejanggalan yang Terjadi

Tahun ini, turnamen ini cuma didominasi para pebulutangkis Jepang.

Pamor All England Open 2021 seperti langsung jatuh dan hanya jadi turnamen All Japan Open atau seperti ajang Kejurnas Jepang.

Sebagaimana diketahui, tim Indonesia dipaksa mundur dari All England Open 2021 sejak hari pertama, Rabu (17/3/2021).

Baca juga: Hariyanto Arbi Setuju All England 2021 Disetop, Pemain Indonesia Sudah Ada Kontak dengan Wakil Lain

Alasannya, pihak NHS (Otoritas Kesehatan) Inggris mendapati bahwa tim Indonesia berada satu pesawat dengan penumpang anonim yang belakangan diketahui positif Covid-19.

Berdasarkan protokol kesehatan di Inggris, siapapun yang terdeteksi berada satu pesawat dengan penumpang positif Covid-19 dianggap sebagai close contact alias kontak dekat, yang diharuskan menjalani karantina 10 hari.

Baca juga: BWF Belum Minta Maaf, Ketua NOC Ancam Bawa Insiden All England ke Pengadilan Arbitrase Olahraga

Imbasnya, tim Indonesia tak bisa main dan melanjutkan pertandingan di All England Open 2021, meski sejatinya mereka telah mendarat di Birmingham sejak Sabtu (13/3/2021) pekan lalu.

BWF dan Badminton England selaku panitia penyelenggara pun tak bisa apa-apa dan terkesan lemah, berlindung di bawah aturan NHS tersebut.

Tak ada pemain Indonesia dan peserta lain yang tahu soal kebijakan close contact dan karantina 10 hari di Inggris seperti itu, artinya BWF gagal berkoordinasi dengan baik untuk menggelar turnamen sekelas All England kali ini.

Buntut kasus Indonesia dipaksa mundur dari All England Open 2021 menghadirkan amarah besar bagi publik Tanah Air, bahkan sampai ke Kemenpora, Menlu, Dubes RI di London hingga Presiden Joko Widodo.

Tak cuma itu, imbasnya akun resmi Instagram All England pun juga lenyap karena di-report oleh netizen Indonesia.

Baca juga: BWF Minta Maaf, Mengaku Ikut Stres atas Keputusan yang Paksa Indonesia Mundur dari All England 2021

Tanpa kehadiran tim Indonesia di ajang prestisius sekaligus tertua di dunia itu, nyatanya pamor All England Open 2021 kali ini langsung jatuh.

Hal ini bisa terlihat dari deretan wakil-wakil yang melesat ke babak final didominasi oleh satu negara saja, yakni Jepang.

Halaman
123
Sumber: BolaSport.com
  • KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved