Breaking News:

Irene Kharisma dan Medina Warda Ditunggu Lawan Tangguh di Babak II Piala Dunia Catur 2021

Pecatur putri andalan Indonesia, IM Irene Kharisma Sukandar (2413) dan IM Medina Warda Aulia (2360) berhasil melenggang ke putaran kedua

Dok. PB Percasi
Irene Kharisma (kiri) dan Medina Warda (kanan) Ditunggu Lawan Tangguh di Babak II Piala Dunia Catur 2021 

TRIBUNNEWS.COM, SOCHI - Pecatur putri andalan Indonesia, IM Irene Kharisma Sukandar (2413) dan IM Medina Warda Aulia (2360) berhasil melenggang ke putaran kedua Kejuaraan Piala Dunia Catur Wanita FIDE 2021 di Sochi, Rusia, setelah menuntaskan partai kedua putaran pertama dengan agregat kemenangan, Selasa waktu setempat.

Irene unggul 1,5 - 0,5 atas pecatur Chili, WIM Javiera Belen Gomez Barrera (2083) setelah bermain remis pada babak kedua putaran pertama dalam permainan panjang 65 langkah.

Dalam partai kedua ini, Irene yang mengendalikan buah putih tampil tidak seagresif partai pertama yang dimenanginya.

Sebelumnya Irene mengawali langkah dengan memajukan bidak raja ke e4 untuk mengarah ke pembukaan Giuoco Piano.

Irene Kharisma Sukandar saat berhadapan dengan Salome Melia
Irene Kharisma Sukandar saat berhadapan dengan Salome Melia (foto: Kristianus Liem)

Ia mencoba tampil posisional untuk mengamankan keunggulan. Walaupun sempat unggul satu bidak di permainan akhir, Irene menerima tawaran remis dari Barera karena dengan hasil itu, Irene sudah memastikan diri maju ke putaran kedua.

Permainan gemilang kembali diperlihatkan Medina Warda Aulia pada babak kedua kedua putaran pertama menghadapi pecatur Jerman FM Jana Schneider (2321).

Dengan ciri khasnya, Medina tampil posisional mengotak-atik buah perwiranya dalam permainan Ruy Lopez varian Norwegia untuk memaksa Schneider berpikir keras hingga mengalami krisis waktu sebelum menyerah pada langkah ke-44. Medina unggul 2-0 atas Schneider.

Hasil yang dicapai Irene dan Medina disambut gembira Artsanti Alif, Head of Social Investment PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk.

JAPFA kembali selaku sponsor keberangkatan Tim Catur Indonesia ke Piala Dunia Catur 2021.

“Alhamdulilah, apa yang dihasilkan dua Srikandi Catur Indonesia di arena Chess World Cup di Sochi, Rusia menjadi sejarah baru bagi dunia catur Indonesia dan bersyukur JAPFA menjadi bagian sejarah itu,” kata Artsanti.

Halaman
12
Penulis: Toni Bramantoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved