Breaking News:

Olimpiade

Impian Indonesia Pupus Usai Brisbane Ditunjuk sebagai Tuan Rumah Olimpiade 2032

Keinginan Indonesia untuk bisa menjadi tuan rumah penyelenggara ajang Olimpiade edisi tahun 2032 dipastikan telah sirna setelah kalah dari Brisbane.

Toru Hanai / POOL / AFP
Presiden Komite Olimpiade Internasional Thomas Bach mengumumkan Brisbane sebagai kota tuan rumah Olimpiade Musim Panas 2032 selama Sesi IOC ke-138 di Tokyo pada 21 Juli 2021. 

TRIBUNNEWS.COM - Keinginan Indonesia untuk bisa menjadi tuan rumah penyelenggara ajang Olimpiade edisi tahun 2032 dipastikan telah sirna.

Hal ini dikarenakan pihak Komite Olimpiade Internasional secara resmi memenangkan Brisbane sebagai tuan rumah utama Olimpiade 2032 mendatang.

Keputusan itulah yang membuat impian Indonesia untuk bisa mengecap manisnya sebagai penyelenggara pesta olahraga terbesar dunia itu kini hanya tinggal mimpi belaka.

Dikutip Tribunnews dari Fox Sports, Brisbane telah dikonfirmasi sebagai tuan rumah Olimpiade musim panas dan Paralimpiade 2032.

Anggota Komite Olimpiade Internasioanal yang menggelar rapat, Rabu (21/7/2021) telah memutuskan Brisbane sebagai tuan rumah.

Baca juga: Jadwal Siaran Langsung Sepak Bola Olimpiade Tokyo 2021, Live TVRI, Mulai Besok Sore

Baca juga: Tampil Perdana di Olimpiade, Perasaan Campur Aduk Dirasakan Duo Ganda Andalan Jepang

Logo Olimpiade Tokyo di taman stadiun olahraga nasional Jepang di Tokyo karya Kengo Kuma.
Logo Olimpiade Tokyo di taman stadiun olahraga nasional Jepang di Tokyo karya Kengo Kuma. (Foto Daily Sports)

Dari 77 pemilih yang memenuhi syarat pada pertemuan tersebut, 72 diantaranya mendukung Brisbane sebagai tuan rumah Olimpiade 2032 mendatang.

Lima suara sisa yang menentang alias bertolakbelakang akhirnya tak memengaruhi suara mayoritas forum tersebut.

Baca juga: Bryan Gil, Titisan Johan Cruyff & Lionel Messi Asal Spanyol yang Siap Gebrak Olimpiade Tokyo 2020

Setelah ditunjuk sebagai tuan rumah, kembang api hijau dan emas pun dinyalakan secara mendadak di tepi sungai Brisbane, Australia.

Hal itu dilakukan oleh pemerintah setempat atas keputusan Komite Olimpiade Internasional yang telah menunjuk Brisbane sebagai tuan rumah.

Logo Olimpiade Japan 2020
Logo Olimpiade Japan 2020 (instagram/olympics)

Presiden Komite Olimpiade Australia, John Coates pun buka suara atas terpilihnya Brisbane sebagai tuan rumah Olimpiade edisi 2032 mendatang.

"Hal serupa dengan keputusan mereka yang pernah menawarkan hal yang sama di Melbourne pada tahun 2956, lalu di Sydney tahun 2000," ujar John Coates.

"Itu memberikan gambaran sebagai keputusan terbaik yang pernah ada," tambahnya.

Olimpiade Brisbane secara tidak langsung akan digelar setelah perhelatan Olimpiade Tokyo (2020), Prancis (2024), dan Los Angeles (2028).

Indonesia pun tampaknya harus kembali bersabar untuk bisa menjadi tuan rumah utama penyelenggaraan Olimpiade pada dekade berikutnya.

(Tribunnews.com/Dwi Setiawan)

Penulis: Dwi Setiawan
Editor: Drajat Sugiri
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved