Olimpiade 2021

Bulutangkis Olimpiade Tokyo: Skenario The Minions Jadi Juara Grup A, Ini Syaratnya

Marcus Gideon/Kevin Sanjaya berpeluang besar menjadi juara Grup A cabor bulutangkis ganda putra Olimpiade Tokyo 2021 dengan syarat sebagai berikut.

Penulis: Guruh Putra Tama
Editor: Husein Sanusi
Alexander NEMENOV / AFP
Pemain Indonesia Kevin Sanjaya Sukamuljo (kiri) melakukan tembakan di samping pasangannya Marcus Fernaldi Gideon dari Indonesia dalam pertandingan penyisihan grup bulu tangkis ganda putra melawan Sean Vendy dari Inggris dan Ben Lane dari Inggris selama Olimpiade Tokyo 2020 di Musashino Forest Sports Plaza di Tokyo pada 24 Juli , 2021. Marcus Gideon/Kevin Sanjaya berpeluang besar menjadi juara Grup A cabor bulutangkis ganda putra Olimpiade Tokyo 2021 dengan syarat sebagai berikut. 

TRIBUNNEWS.COM - Ganda putra terbaik Indonesia, Marcus Gideon/Kevin Sanjaya sudah dipastikan lolos ke perempat final cabor bulutangkis Olimpiade Tokyo 2021.

Kepastian itu didapat setelah The Minions -julukan Marcus/Kevin- menang atas ganda India, Chirag Shetty/Satwiksairaj Rankireddy, Senin (26/7/2021).

Marcus/Kevin mengalahkan ganda putra India dengan dua game langsung, 21-13 dan 21-12.

Pemain Indonesia Kevin Sanjaya Sukamuljo (depan) melakukan tembakan di samping pasangannya Marcus Fernaldi Gideon dari Indonesia dalam pertandingan penyisihan grup bulu tangkis ganda putra melawan Sean Vendy dari Inggris dan Ben Lane dari Inggris selama Olimpiade Tokyo 2020 di Musashino Forest Sports Plaza di Tokyo pada 24 Juli , 2021.
Pemain Indonesia Kevin Sanjaya Sukamuljo (depan) melakukan tembakan di samping pasangannya Marcus Fernaldi Gideon dari Indonesia dalam pertandingan penyisihan grup bulu tangkis ganda putra melawan Sean Vendy dari Inggris dan Ben Lane dari Inggris selama Olimpiade Tokyo 2020 di Musashino Forest Sports Plaza di Tokyo pada 24 Juli , 2021. (Alexander NEMENOV / AFP)

Baca juga: Profil Yuta Watanabe, Pebulutangkis Pemilik Rekor Langka, Andalan Jepang di Olimpiade Tokyo 2021

Kepastian nasib andalan Indonesia yang sudah pasti lolos dari Grup A ini berbeda dengan dua rival mereka lainnya.

Ganda putra India dan Taiwan yang berada dalam grup yang sama dengan Minions masih harus bertarung hingga menit akhir untuk memastikan kelolosan.

Sementara, laga terakhir yang akan dijalani ganda putra nomor satu dunia ini hanya untuk menentukan apakah mereka bisa menjadi juara Grup A.

Untuk diketahui, The Minions akan berhadapan dengan ganda Taiwan, Lee Yang/Wang Chi-lin pada Selasa (27/7/2021) pukul 10.00 WIB.

Baca juga: Nanaka Takahashi Jadi Wartawan Cilik, Cari Tahu Orang-orang yang Pro dan Kontra Olimpiade Jepang

Dari sisi head-to-head, Minions dan ganda Taiwan baru tiga kali bertemu.

Dalam pertemuan tersebut, wakil Tim Merah Putih selalu unggul.

Tak tanggung-tanggung, Minions tak sekalipun kehilangan set kala bertanding dengan Lee/Wang.

Alhasil, mereka memiliki keunggulan secara agregat pertemuan atas Lee/Wang 3-0.

Namun, Minions tak boleh terlena dengan keunggulan head-to-head tersebut.

Pemain Indonesia Kevin Sanjaya Sukamuljo (kiri) melakukan tembakan di samping pasangannya Marcus Fernaldi Gideon dari Indonesia dalam pertandingan penyisihan grup bulu tangkis ganda putra melawan Sean Vendy dari Inggris dan Ben Lane dari Inggris selama Olimpiade Tokyo 2020 di Musashino Forest Sports Plaza di Tokyo pada 24 Juli , 2021.
Pemain Indonesia Kevin Sanjaya Sukamuljo (kiri) melakukan tembakan di samping pasangannya Marcus Fernaldi Gideon dari Indonesia dalam pertandingan penyisihan grup bulu tangkis ganda putra melawan Sean Vendy dari Inggris dan Ben Lane dari Inggris selama Olimpiade Tokyo 2020 di Musashino Forest Sports Plaza di Tokyo pada 24 Juli , 2021. (Alexander NEMENOV / AFP)

Baca juga: Raih Medali Perak Olimpiade Jepang, Eko Yuli Irawan Ingin Jadi Pelatih dan Buka Klub Angkat Besi

Sebab, faktor jumlah pertandingan yang dilalui selama adanya pandemi corona ikut mempengaruhi performa.

Minions kali terakhir bertanding di kancah internasional pada gelaran All England 2021 lalu.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
  • KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved