MotoGP

Sorotan Triple Crown MotoGP 2021 - Tugas Quartararo Gendong Yamaha, 4 Rider Ducati Pesaing Utama

Tugas Fabio Quartararo gendong Yamaha sendirian demi bisa meraih triple crown di MotoGP 2021 kalahkan all rider Ducati.

Penulis: Drajat Sugiri
Editor: Dwi Setiawan
Joe Klamar / AFP
Pembalap Ducati-Pramac Spanyol Jorge Martin (kedua dari kiri) berlomba untuk balapan pertama dengan sepeda motornya selama Grand Prix Sepeda Motor Styrian di trek balap Red Bull Ring di Spielberg, Austria pada 8 Agustus 2021. 

TRIBUNNEWS.COM - Perceraian Yamaha dengan Maverick Vinales memicu banyak pertanyaan, termasuk bagaimana peluang triple crown tim pabrikan Jepang tersebut di MotoGP 2021.

Sebagaimana yang diketahui, triple crown merupakan tiga gelar sekaligus yang bisa didapat di helatan MotoGP 2021. Meliputi titel juara pembalap, konstruktor dan tim.

Namun putusnya hubungan Vinales dengan Monster Energy Yamaha membuat beban berat kini tengah berada di pundak Fabio Quartararo.

Baca juga: Jadwal MotoGP Inggris 2021, Joan Mir Yakin Fabio Quartararo Bakal Bikin Beberapa Kesalahan

Baca juga: Jadwal MotoGP Inggris 2021 Sirkuit Silverstone, Live Trans7, Peluang Debut Vinales untuk Aprilia

(kiri) Pembalap Ducati Italia Francesco Bagnaia, pembalap Honda Spanyol Marc Marquez, pembalap Ducati-Pramac Spanyol Jorge Martin dan pembalap Yamaha Prancis Fabio Quartararo bersaing selama Grand Prix Sepeda Motor Austria di trek balap Red Bull Ring di Spielberg, Austria pada 15 Agustus, 2021.
(kiri) Pembalap Ducati Italia Francesco Bagnaia, pembalap Honda Spanyol Marc Marquez, pembalap Ducati-Pramac Spanyol Jorge Martin dan pembalap Yamaha Prancis Fabio Quartararo bersaing selama Grand Prix Sepeda Motor Austria di trek balap Red Bull Ring di Spielberg, Austria pada 15 Agustus, 2021. (Joe Klamar / AFP)

Jika melihat tabel klasemen dari setiap kategori, Yamaha memang memiliki peluang untuk meraih tiga gelar sekaligus.

Namun kembali lagi, Ducati menjadi pesaing utama Yamaha bersama Fabio Quartararo.

Untuk kategori klasemen pembalap, Fabio Quartararo memiliki asa besar untuk merengkuh gelar juara dunia MotoGP 2021.

Ia mengumpulkan 181 poin dari 11 balapan yang telah berlangsung.

El Diablo (julukan Quartararo) unggul 47 poin dari pesaing terdekatnya, Francesco Bagnaia (Ducati) dan Joan Mir (Suzuki).

Dengan tujuh race tersisa, Fabio Quartararo memiliki kans besar untuk tetap menghuni posisi puncak klasemen MotoGP 2021.

Beralih ke klasemen konstruktor, di mana Yamaha mendapatkan lawan tangguh dari Ducati.

Tim pabrikan Italia tersebut mengumpulkan 212 poin, unggul tiga angka dari Yamaha di urutan kedua.

(dari depan L ke latar belakang R) Pembalap Yamaha Prancis Fabio Quartararo, Pembalap Italia Ducati Francesco Bagnaia, Pembalap Honda Spanyol Marc Marquez dan Pembalap Ducati-Pramac Spanyol Jorge Martin bersaing selama Grand Prix Sepeda Motor Austria di trek balap Red Bull Ring di Spielberg, Austria pada 15 Agustus 2021.
(dari depan L ke latar belakang R) Pembalap Yamaha Prancis Fabio Quartararo, Pembalap Italia Ducati Francesco Bagnaia, Pembalap Honda Spanyol Marc Marquez dan Pembalap Ducati-Pramac Spanyol Jorge Martin bersaing selama Grand Prix Sepeda Motor Austria di trek balap Red Bull Ring di Spielberg, Austria pada 15 Agustus 2021. (Joe Klamar / AFP)

Tanpa mengecilkan perjuangan Crutchlow, Rossi dan Morbidelli, nyatanya Quartararo layak disebut sebagai 'tukang gendong' tim karena kontribusi besar dalam menyumbang poin bagi Yamaha.

Pun sama halnya dengan klasemen tim, kombinasi all rider setiap pabrikan menjadi tolak ukur penilaian.

Saat ini Monster Energy Yamaha unggul dengan koleksi 276 poin. Diikuti oleh Ducati Lenovo Team (239) dan Pramac Racing (200).

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
  • KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved